Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hiburan > XL Axiata & Kemenhub; Luncurkan Aplikasi Peta Jelajah Nusantara

XL Axiata & Kemenhub; Luncurkan Aplikasi Peta Jelajah Nusantara

Hiburan | Kamis, 30 Mei 2019 | 11:57 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
XL Axiata & Kemenhub; Luncurkan Aplikasi Peta Jelajah Nusantara

XL Axiata & Kemenhub; Luncurkan Aplikasi Peta Jelajah Nusantara

Sajikan navigasi digital untuk perjalanan mudik

Surabaya, Kabarindo- PT XL Axiata Tbk. bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub) meluncurkan aplikasi navigasi digital Peta Jelajah Nusantara.

Aplikasi ini dibangun sebagai sarana pemandu bagi masyarakat yang melakukan perjalanan darat di wilayah Indonesia dengan sejumlah fitur yang memudahkan pengguna menemukan rute perjalanan dan berbagai informasi yang paling dibutuhkan.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan kemenhub mengapresiasi kerja sama dengan XL Axiata dan instansi pemerintah lainnya untuk pembuatan aplikasi Peta Jelajah Nusantara. Peta navigasi digital sudah menjadi kebutuhan pengguna jalan secara umum. Peta dalam lembaran tercetak sudah mulai ditinggalkan, karena peta digital lebih fleksibel penggunaannya. Berbagai informasi bisa dimasukkan tanpa khawatir dengan ruang yang tersedia.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, menambahkan aplikasi Peta Jelajah Nusantara sengaja diluncurkan bertepatan pada masa mudik Lebaran untuk menambah referensi masyarakat yang membutuhkan sarana navigasi untuk pulang ke kampung halaman atau sekadar mengisi liburan panjang.

Yang membedakan aplikasi ini dengan aplikasi navigasi yang sudah ada adalah sejumlah informasi tambahan yang dibutuhkan selama perjalanan, seperti keberadaan dan info mengenai posko mudik, posko kesehatan, terminal hingga informasi mengenai area rawan kecelakaan dan jalur alternatif,” ujarnya.

Chief Human Capital XL Axiata, Rudy Afandi, mengatakan aplikasi Peta Jelajah Nusantara merupakan hasil tindak lanjut dari kerja sama kedua pihak dalam digitalisasi informasi layanan Kemenhub kepada masyarakat. Namun masih perlu penyempurnaan untuk aplikasi ini agar lebih kaya dengan informasi dan data yang dibutuhkan pengguna jalan. XL Axiata siap mendukung upaya pengembangannya lebih lanjut.

“Kami melihat banyak hal positif jika suatu aplikasi navigasi dibuat oleh pemerintah. Sebagai pengelola dan pembuat kebijakan atas layanan transportasi, tentunya banyak informasi yang bisa dituangkan dalam aplikasi Peta Jelajah Nusantara ini. Misalnya mengenai peraturan dan tata tertib berkendara, kondisi jalan, potensi gangguan karena misalnya ada perbaikan jalan, daerah rawan bencana hingga jalur alternatif,” ujar Rudy.

Informasi dan data yang tersaji di dalam aplilkasi Peta Jelajah Nusantara merupakan data resmi yang ter-update dari sejumlah instansi yang terkait dengan pelayanan transportasi (Kemenhub), Kesehatan (Kementerian Kesehatan), sarana dan prasarana jalan (Bina Marga, Kementrian PUPR) serta keamanan dan ketertiban (Korlantas Polri).

Untuk kebutuhan mudik Lebaran 2019, informasi yang tersaji di dalam aplikasi Peta Jelajah Nusantara adalah navigasi jalur mudik di semua wilayah tujuan mudik di seluruh Indonesia. Peta navigasi yang tersaji terhubung dengan aplikasi Google Map. Masyarakat bisa secara mudah mendapatkan aplikasi ini dari Google Play Store untuk smartphone Android. Selain itu informasi keberadaan posko-posko di sepanjang jalur utama, termasuk posko informasi jalan, posko mudik, posko kesehatan dan terminal bus. Selain letak posko, pengguna juga bisa mengetahui nama dan nomor kontak petugas di setiap posko.

Juga ada informasi pengaturan jalur lalu lintas, misalnya jalur satu arah, ganjil genap dan jalur alternatif. Demi keamanan dan keselamatan pelanggan, aplikasi Peta Jelajah Nusantara dilengkapi informasi mengenai letak titik-titik rawan kecelakaan di jalur mudik. Dengan pengaturan, pengguna akan bisa mendapatkan notifikasi setiap mencapai daerah titik rawan kecelakaan sejak radius 2,5 km.

Kerja sama XL Axiata dengan kemenhub sudah terjalin sejak Maret 2018 untuk berbagai program layanan kepada masyarakat. XL Axiata berkomitmen untuk terus membantu Kementerian Perhubungan dan instansi pemerintah lainnya dalam memaksimalkan layanan penyampaikan informasi kepada masyarakat.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER