Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hiburan > Robbie Williams Jual Karya Seniman Misterius Banksy

Robbie Williams Jual Karya Seniman Misterius Banksy

Hiburan | Kamis, 3 Maret 2022 | 03:26 WIB
Editor : Hauri Yan

BAGIKAN :
Robbie Williams Jual Karya Seniman Misterius Banksy

KABARINDO, LONDON – Dua karya seniman misterius Inggris Banksy milik penyanyi Robbie Williams terjual beberapa juta pound dalam lelang di London, Rabu (2/3).

"Vandalised Oil (Choppers)", yang menampilkan dua helikopter militer terbang rendah yang mendengungkan keindahan pastoral terjual hampir £4,4 juta (Rp84 miliar).

Karya yang digambarkan oleh rumah lelang Sotheby's sebagai penggambaran "pesan anti-perang" sang seniman awalnya diperkirakan akan bernilai antara £2,5 juta hingga £3,5 juta.

Lukisan itu kerap mengingatkan orang-orang pada film 1979 tentang perang Vietnam, "Apocalypse Now", ketika helikopter serang AS menembaki posisi musuh ke "Ride of the Valkyries" karya Richard Wagner.

Dalam catatan katalognya, balai lelang Sotheby's mengatakan "Vandalised Oil (Choppers)" juga mencerminkan penentangan Banksy terhadap perang Irak kedua, ketika dia membagikan plakat stensil pada protes London pada tahun 2003.

Robbie Williams Jual Karya Seniman Misterius Banksy(Foto: "Vandalised Oil (Choppers)" karya Banksy -Sothesby's)

Karya Bansky lain yang dimiliki oleh mantan penyanyi Take That Robbie Williams adalah  "Girl with Balloon", dalam cat semprot pada logam, terjual dengan harga lebih dari £2,8 juta (Rp53,8 miliar), setelah ditaksir akan laku dengan harga £2-3 juta.

Williams memperolehnya langsung dari seniman grafiti yang sulit ditemui itu pada tahun 2006. Gambar itu adalah salah satu gambarnya yang paling terkenal, menunjukkan seorang gadis muda mengulurkan tangannya ke arah balon merah berbentuk hati.

Robbie Williams Jual Karya Seniman Misterius Banksy(Foto: "Girl with Balloon" karya Banksy yang dijual Robbie Williams -AFP)

Banyak Direproduksi

Bansky telah mereproduksi gambarnya dalam beberapa bentuk yang berbeda.

"Love is in the Bin" adalah salah satu karya reproduksi dari "Girl with Balloon" yang dibingkai dengan pencincang kertas rahasia yang disiapkan Banksy. 

Terjual dengan harga £1,042,000  di Sotheby's tahun 2018, lukisan itu tiba-tiba tercincang setelah palu yang menandakan lukisan telah terjual diketok, mengejutkan semua yang hadir di acara lelang itu.

Versi terparut itu harganya kemudian melonjak secara fantastis menjadi £18,58 juta, sebuah rekor baru untuk artis Inggris.

Pada Maret 2021, karya Bansky lainnya yang ia ciptakan untuk menghormati staf medis selama pandemi virus corona, "Game Changer", dijual seharga £14,4 juta di Christie's.

Hasil penjualan itu disumbangkan ke Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) yang dikelola negara.

***(Sumber: AFP/France 24, Sothesby)


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER