XL Axiata Terus Bangun Jaringan Data; Pada 2018

Kontributor : Teks & Foto2: Natalia Trijaji (Kontributor Surabaya & Sekitarnya)

Siap alokasikan 90% dari anggaran belanja modal 2018 sekitar Rp.7 triliun

Surabaya, Kabarindo- PT XL Axiata Tbk. berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan jaringan data secara besar-besaran khususnya di luar Jawa pada tahun ini. Tujuannya lebih meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat pertumbuhan kinerja bisnis perusahaan.

Pada 2017, XL Axiata mencatat kinerja yang kuat dengan pendapatan dari layanan data sebagai kontributor utama. Jumlah pelanggan yang mengakses layanan data terus meningkat yang mendorong kenaikan trafik layanan data hingga 2x lipat atau meningkat 148% YoY.

Menurut Caretaker Vice President XL Axiata East Region, Mochamad Imam Mualim, pencapaian XL Axiata sepanjang 2017 menunjukkan kini saatnya melangkah ke fase berikutnya, yaitu memaksimalkan kemampuan jaringan data guna meningkatkan kualitas layanan serta memperluas cakupan layanan ke area-area luar Jawa.

“Ini momentum yang tepat untuk kami mencanangkan tekad #JadiLebihBaik, sehingga akan semakin memuaskan pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya,” ujarnya pada Selasa (13/2/2018).

Spirit tersebut mendasari komitmen untuk berusaha menjadi lebih baik dengan mengembangkan jaringan data berkualitas ke berbagai penjuru tanah air. Pembangunan jaringan data di Jawa untuk peningkatan kualitas layanan, sedangkan prioritas dilaksanakan di luar Jawa untuk melanjutkan perluasan jaringan 4G LTE yang berlangsung sejak 2017.

Pada tahun ini, XL Axiata berencana menambah BTS baru dengan jumlah relatif sama dengan penambahan pada 2017, termasuk untuk perluasan cakupan layanan 4G LTE. Pada 2017, cakupan layanan data 3G/4G LTE mencapai 93%, sementara layanan 4G mencapai 85% dari total populasi. Untuk pengembangan jaringan, penerapan teknologi jaringan terbaru & IT untuk memaksimalkan kualitas layanan, XL Axiata akan mengalokasikan 90% dari anggaran belanja modal (Capex) 2018 sekitar Rp.7 triliun.

Dari pembangunan tahun lalu, jaringan 4G LTE XL Axiata telah menjangkau 360 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia, ditopang oleh lebih dari 17.000 BTS 4G dan hampir 46.000 BTS 3G. Dalam pembangunan jaringan data tersebut, wilayah di luar Jawa mendapatkan perhatian besar. Dari total BTS yang dibangun sepanjang 2017, 60% berada di luar Jawa. Pembangunan jaringan data di luar Jawa berhasil meningkatkan kualitas layanan dan perluasan wilayah layanan.

Dari total 53,5 juta pelanggan XL Axiata per ahir 2017, sebanyak 38,3 juta pelanggan telah menggunakan smartphone. Angka ini meningkat 32% dari capaian tahun lalu. Pelanggan yang aktif menggunakan layanan data mencapai 73%, seiring dengan semakin baiknya kualitas layanan data dan pembangunan jaringan data di berbagai wilayah.

Pencapaian tersebut sesuai dengan hasil parameter Net Promoter Score (NPS) di mana terlihat peningkatan persepsi positif dari pelanggan terhadap kualitas layanan data khususnya untuk jangkauan layanan dan kekuatan sinyal. Diharapkan pembangunan jaringan data pada tahun ini mampu meningkatkan lagi kepuasan pelanggan.

Pada tahun lalu, upaya XL Axiata meningkatkan kualitas jaringan mendapatkan respon bagus dari masyarakat. Penawaran paket-paket layanan yang inovatif dengan banyak manfaat menuai hasil sangat baik dari pelanggan. Hal ini mendorong terus meningkatnya trafik data di luar Jawa secara signifikan.




Berita Lainnya
Agus Salim 'The Grand Old Man'; Dilayarlebarkan

Pavillon Petogogan, Kebayoran, Jakarta, Kabarindo- Anda tentu sudah mengenal baik sosok pahlawan fenomenal, cerdas, humanis Hadji Agus Salim -1884-1954 ?

Yah, anak Minang yang berjuluk 'The


250 Perempuan Dari 27 Provinsi Di Indonesia; Ikut Hibah Cipta Media Ekspresi


Jakarta, Kabarindo- Satu bulan menjelang tutup pendaftaran, Cipta Media Ekspresi - hibah untuk perempuan pelaku kebudayaan di segala bidang seni - telah menerima lebih dari 250


Donasi TopDonasi100 TokoPedia; Makin Diminati

JAKARTA, Kabarindo– Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB Foundation) bekerja sama dengan Tokopedia melakukan penyerahan donasi Rp100 yang dihimpun dari Toppers (pengguna Tokopedia) kepada Lembaga Pembinaan Khusus Anak


ZALORA; Giatkan KAMPANYE "OWN NOW"

Jakarta, Kabarindo- ZALORA, destinasi fashion online terbesar di Asia, kembali meluncurkan kampanye terintegrasi di 6 negaranya.

Kampanye ini menempatkan fokus pada ZALORA sebagai fashion enthusiast