XL Axiata Siapkan Antisipasi Jaringan; Hadapi Erupsi Gunung Agung

Kontributor : Teks & Foto2: Natalia Trijaji (Kontributor Surabaya & Sekitarnya)

Pastikan layanan komunikasi data, percakapan maupun SMS di seluruh Bali aman

Surabaya, Kabarindo-  Menghadapi erupsi Gunung Agung di Bali, PT XL Axiata Tbk. memastikan seluruh layanan komunikasi data, percakapan maupun SMS di sekitar lokasi dan di seluruh Bali masih aman dan tidak terjadi gangguan apapun.

Caretaker Vice President East Region XL Axiata, Mochamad Imam Mualim, mengatakan, XL Axiata tetap dapat melayani masyarakat, namun pihaknya terus waspada dan telah menyiapkan.langkah-langkah antisipasi terhadap segala kemungkinan.

“Kami pastikan hingga saat ini tidak ada Base Transceiver Station (BTS) yang mengalami gangguan, termasuk di wilayah bencana. Namun untuk antisipasi, kami telah menyiapkan langkah-langkah darurat seandainya bencana terus meningkat sehingga mengganggu operational BTS-BTS di sekitar lokasi bencana. Kami akan terus standby menjaga jaringan agar tetap beroperasi, karena sarana telekomunikasi sangat diperlukan pada saat genting seperti ini, termasuk bagi aparat yang terlibat dalam penanganan dampak bencana,” ujarnya dalam rilis yang diterima pada Senin (27/11/2017).

Imam menambahkan, XL Axiata memiliki 13 unit BTS di radius berbahaya 12 km. Pihaknya telah menyiapkan back-up jaringan dengan meningkatkan kapasitas trafik di setiap BTS di dekat area pengungsian. Sementara untuk mengantisipasi pasokan listrik, XL Axiata menyiapkan puluhan genset guna mendukung operasional BTS. Juga berkoordinasi dan bekerja sama dengan perusahaan penyedia menara telekomunikasi untuk mengantisipasi gangguan jaringan komunikasi di sekitar Gunung Agung.

Penanganan jaringan XL Axiata di sekitar Gunung Agung menjadi tanggung jawab bersama tim jaringan XL yang berbasis di Denpasar, Bangli dan Karang Asem. Jumlah BTS milik XL Axiata di sekitar Gunung Agung sebanyak 33 BTS (2G/3G/4G), sedangkan di seluruh Bali, terdapat lebih dari 3000 BTS (2G/3G/4G).

XL Axiata juga sudah memberikan bantuan sarana telekomunikasi di lokasi pengungsian, antara lain berupa telepon umum gratis (TUG), kartu SIM dan akses internet. Sarana ini bisa membantu kebutuhan komunikasi warga dan bisa dimanfaatkan oleh aparat yang bertugas menangani korban bencana.

Pada bulan lalu, XL Axiata telah menyalurkan donasi berupa bahan makanan dan obat-obatan melalui Posko Ulakan dan Posko Menanga di Kecamatan Manggis dan Rendang, Kabupaten Karangasem. XL mulai mengumpulkan informasi untuk menyiapkan donasi selanjutnya bagi warga yang mengungsi.





















Berita Lainnya
MD Magic Scaraway; Atasi Bercak Kehitaman & Scar Bekas Jerawat

Surabaya, Kabarindo- Setiap orang pasti pernah mengalami masalah jerawat, yang ringan ataupun yang berat, terutama pada usia remaja yang mengalami perubahan hormonal.

Jerawat bisa hilang setelah


Crown Group Garap Proyek; Senilai Rp 50 Triliun

Surabaya, Kabarindo- Nilai total proyek yang sedang dan akan digarap perusahaan properti Australia, Crown Group, mencapai puluhan triliun. Hal ini diungkapkan Bagus Sukmana, GM Strategic & Corporate


Terapkan Internet of Things; Banyak Perusahaan Di Asia Pasifik Capai Kemajuan Bisnis

Surabaya, Kabarindo- Internet of Things (IoT) telah lama diidamkan sebagai pondasi untuk berbagai terobosan dalam artificial intelligence (AI), robotik dan kemajuan lainnya.

Para eksekutif dituntut untuk


Indonesia Sambut Lenovo Miix 630; Awesome !

Jakarta, Kabarindo- Dalam rangkaian acara CES® 2018 tahun ini, Lenovo memperkenalkan hasil kerjasamanya dengan Qualcomm® and Microsoft® untuk mempersembahkan komputasi mobile kepada pelanggan dalam cara baru.