Iwan Sunito Apresiasi Kebijakan Pemerintah; Dorong Pertumbuhan Sektor Properti


Siap Membangun Jakarta dan Bandung
Kontributor : Teks & Foto2: Natalia Trijaji (Kontributor Surabaya & Sekitarnya)

Pasar properti Indonesia adalah yang terbesar di Asia Tenggara dilihat dari jumlah permintaan hunian

Surabaya, Kabarindo- CEO dan pendiri Crown Group, Iwan Sunito, mengapresiasi pemerintah Indonesia yang mendorong pertumbuhan sektor properti dengan mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang memudahkan masyarakat untuk memiliki hunian dengan berorientasi pada transportasi massal.

Menurut ia, hal itu akan membuat pasar properti Indonesia, khususnya di Jakarta, memberikan bermacam pilihan. Semula ia sempat khawatir pasar properti Indonesia akan mengalami bubble, namun ia melihat bahwa Indonesia tidak akan mengalami hal tersebut.

Iwan menilai pasar properti Indonesia adalah yang terbesar di kawasan Asia Tenggara dilihat dari jumlah permintaan. Jumlah permintaan hunian di Indonesia masih jauh di atas kemampuan para pengembang dalam menyediakan pasokan.

“Memang sempat terjadi slowing down pasca tax amnesty. Tapi  kalau kita perhatikan, saat ini sudah mulai merangkak naik,” ujar Iwan pada Selasa (17/10/2017) usai mengunjungi Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, baru-baru ini.

Namun yang perlu dicermati, menurut ia, adalah harga hunian yang ditawarkan harus berbanding lurus dengan tingkat pendapatan dan kemampuan daya beli masyarakat agar tercipta keseimbangan yang ideal.

Iwan merujuk data dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang menyebutkan saat ini backlog mencapai 13,5 juta unit. Sementara kebutuhan rumah baru dampak dari pertumbuhan penduduk dan urbanisasi setiap tahun mencapai sekitar 800 ribu unit.

Iwan membandingkan dengan kondisi backlog yang dialami Australia, khususnya di Sydney, di mana jumlah pasokan tidak bisa mengimbangi permintaan. Ia mengatakan, backlog yang dialami Indonesia jauh lebih tinggi daripada yang dihadapi Australia sekitar 50.000 hunian per tahun.

“Tapi harga yang ditawarkan kepada konsumen di Australia sesuai dengan daya beli masyarakatnya, sehingga terjadi keseimbangan yang membuat pasar Australia menjadi salah satu yang terbaik untuk investasi properti,” ujarnya.

Iwan yakin, jika terjadi titik keseimbangan, pasar properti di Indonesia dapat menjadi salah satu yang terkuat di kawasan Asia dalam beberapa tahun mendatang.
















Berita Lainnya
Nikmati Kuliner Singapura; Di Orchard Road Feast Shangri-La Surabaya

Surabaya, Kabarindo- Anda sering melancong ke Singapura dan menyukai kuliner di negara tersebut?

Tak perlu jauh-jauh ke sana jika ingin berwisata kuliner. Anda bisa menikmati beragam


Surabaya Fashion Parade 2018 Siap Digelar; Usung Tema UN11TE

Surabaya, Kabarindo- Tunjungan Plaza (TP) bersama Indonesian Fashion Chamber (IFC) bakal menggelar Surabaya Fashion Parade (SFP) 2018 yang akan berlangsung pada 2-6 Mei.

Ini merupakan event


Bayi Gaib Siap Tayang 15 Februari: A Dheeraj Kalwani Gandeng MD Pictures

XXI Metropole,  Salemba,  Jakarta,  Kabarindo- 2018, bisa jadi jadi tahun bangkitnya era keemasan film horror.

Paling tidak tiap pekan akan ada satu atau dua judul, sebelum Danur 2,


GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018; Siap Di Gelar

Jakarta, Kabarindo-  GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) di tahun 2018 akan hadirkan pameran khusus kendaraan komersial, GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018, yang akan