Nikmati Sensasi Pedas Kuliner Jepang; Di Mercure Surabaya



Kontributor : Teks & Foto2: Natalia Trijaji (Kontributor Surabaya & Sekitarnya)

Pilih Yakisoba Amaterasu atau Yakimeshi Amaterasu, keduanya dilengkapi Tori Karage

Surabaya, Kabarindo- Kuliner Jepang tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia dan disukai banyak orang. Diantara kuliner Jepang yang terkenal adalah tempura dan sushi.

Banyak resto yang menawarkan kuliner Jepang di Surabaya. Salah satunya resto Ebisu di Hotel Mercure Surabaya. Kali ini Ebisu menyajikan dua menu pedas Yakisoba Amaterasu dan Yakimeshi Amaterasu, masing-masing dilengkapi Tori Karage atau chicken karage. Kedua menu ini hasil kreasi Chef Didik.

Menurut Maya Puspita, Humas Mercure Surabaya, Ebisu menyajikan makanan Jepang dengan rasa pedas untuk menyesuaikan dengan lidah orang Surabaya yang suka pedas.

“Orang Jepang kalau ingin makan pedas kan pakai wasabi. Kalau makanan Indonesia yang pedas kan memang dimasaknya langsung pedas,” ujarnya pada Jumat (29/9/2017).

Yakisoba Amaterasu terdiri dari mie goreng pedas yang dilengkapi dengan Tori Karage alias chicken karage dan telur, sedangkan Yakimeshi Amaterasu terdiri dari nasi goreng pedas plus Tori Karage dan telor orak arik. Tamu bisa memilih sesuai selera. Masing-masing menu disajikan dalam paket dengan minuman es teh untuk meredam rasa pedas dan menyegarkan tenggorokan. Namun tamu juga bisa minta ocha teh Jepang.

Chef Didik menjelaskan bahan dan bumbu kedua menu tersebut. Bahan Yakimeshi Amaterasu adalah nasi putih, telur ayam, wortel, mentega, minyak sayur atau margarin. Bumbunya adalah bawang Bombay, daun bawang, bawang putih, cabe segar, shoyu, merica bubuk, chili oil dan garam. Bahan dan bumbu untuk Yakisoba Amaterasu sama, hanya nasi diganti mie Jepang. Cara memasaknya juga sama.

Cara memasaknya simple.

1. Panaskan minyak sayur atau margarin di wajan. Pastikan semua margarin telah leleh sempurna dan cukup panas untuk memasak.

2. Masukkan telur yang telah dikocok. Aduk cepat telur hingga membentuk gumpalan-gumpalan kecil. Setelah itu angkat dan pindahkan dalam wadah lain.

3. Panaskan lagi sedikit minyak sayur atau margarin untuk menumis. Lalu masukkan bawang Bombay dan bawang putih, tumis hingga layu dan aromanya harum.

4. Tambahkan wortel dan daun bawang, aduk terus hingga sayuran menjadi layu.

5. Masukkan telur yang telah dimasak tadi dan nasi lalu aduk sebentar. Tambahkan garam, shoyu dan merica bubuk sesuai selera. Aduk lagi di atas api besar hingga merata.

5. Masukan cabe segar yang sudah dicincang dan chili oil. Tambahkan bawang putih, goreng secukupnya.

6. Setelah semua bahan tercampur rata, mematikan api. Lalu pindahkan Yakimeshi panas ke dalam piring saji.

Unuk Tori Karage, bahannya fillet ayam, telur, tepung tapioka dan minyak goreng. Bumbunya adalah jahe parut, bawang putih, shoyu, sesame oil, hondashi, garam dan merica. Cara memasaknya, pertama, panaskan minyak goreng di wajan. Lalu campurkan ayam fillet yg sudah dibumbui. Masukkan ayam ke dalam tepung tapioka kemudian goreng satu persatu  sampai matang. Yakimeshi siap disajikan. Makanan ini nikmat disantap saat masih panas.




Berita Lainnya
PMI Jatim & Jateng; Galang Kesiapsiagaan

Jawa Tengah, Kabarindo- Mengantisipasi dampak musim hujan, PMI Provinsi Jawa Tengah dan PMI Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Platfrom Bengawan Solo dan Pertemuan Forum Sibat (Siaga Bencana


Made In Rusia; Usung Kuliner & Produk Sambangi Indonesia

Surabaya, Kabarindo- Untuk pertama kalinya produsen makanan Rusia datang ke Indonesia dan berpartisipasi dalam acara makanan internasional yang bertajuk SIAL Interfood Inspire Food Business Jakarta 2017 di


Indosat Ooredoo; Rayakan 50 Tahun Layani Masyarakat

Surabaya, Kabarindo- Indosat Ooredoo merayakan ulang tahunnya yang ke-50 dan menegaskan komitmennya dalam mendukung program pemerintah mewujudkan masyarakat digital Indonesia.

Komitmen tersebut direfleksikan dalam berbagai kegiatan


Segar & Sehat; Dengan Minuman Dari Aloe Vera

Surabaya, Kabarindo- Aloe vera yang lebih dikenal sebagai lidah buaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan.

Dari sisi kesehatan, tanaman bergerigi dan berwarna hijau ini