ASEAN Foundation Gandeng SAP; Ciptakan Dampak Sosial Positif di Asia Tenggara



Kontributor : Teks & Foto2: Natalia Trijaji (Kontributor Surabaya & Sekitarnya)

Bekali kaum muda di wilayah ASEAN dengan keterampilan untuk sukses di era ekonomi digital

Surabaya, Kabarindo- ASEAN Foundation dan SAP mengumumkan kerja sama untuk menciptakan dampak sosial yang positif di wilayah Asia Tenggara.
 
Kerja sama ini akan berfokus di bidang pendidikan, kesukarelaan dan kewirausahaan. Tujuannya mendukung ASEAN dalam membangun masyarakat regional yang kohesif dan memberikan manfaat ekonomi bersama secara menyeluruh dengan mendorong partisipasi strategis para pemuda dan wirausahawan sosial.
 
Nota kesepahaman antara kedua organisasi tersebut merupakan bagian dari kebijakan Corporate Social Responsibility SAP untuk membekali kaum muda dengan keterampilan yang dibutuhkan dalam mengatasi masalah yang berkembang di masyarakat dan sukses di era ekonomi digital, membangun perusahaan sosial yang menempatkan orang-orang muda di jalan menuju kesuksesan karir serta membangun angkatan kerja  yang terampil untuk sektor TI dengan berbagai program pelatihan dan pengembangan tenaga kerja.
 
Inisiatif utama yang akan dilaksanakan berdasarkan kesepakatan ini akan difokuskan mendorong literasi digital untuk mendukung pertumbuhan berkelanjutan bagi masyarakat yang menjadi sasaran utama program tersebut.
 
“Komunitas ASEAN yang berkelanjutan berada di tangan kaum muda ASEAN. Saya percaya inisiatif kami dengan SAP akan meningkatkan keterlibatan kaum muda ASEAN dalam kegiatan nasional dan regional untuk memberi mereka kesempatan berkontribusi secara aktif kepada masyarakat ASEAN,” ujar Elaine Tan, Executive Director dari ASEAN Foundation, dalam rilis yang diterima dari SAP pada Jumat (12/5/2017).
 
Scott Russell, President dan Managing Director SAP Asia Tenggara, mengatakan ASEAN mewakili tidak hanya satu komunitas ekonomi, tetapi juga sebuah komunitas sosial. Seiring dengan perayaan 50 tahun karya ASEAN dalam memperdalam persatuan dan memajukan kemakmuran tahun ini, pihaknya merasa antusias akan berbagai peluang di dalam wilayah pertumbuhan ini.
 
“Dengan hampir setengah dari populasi wilayah ASEAN berusia di bawah 30 tahun pada 2020, terdapat wadah bakat di mana kami dapat berinvestasi dan bekerja sama untuk masa depan yang lebih baik. Melalui inisiatif bersama dengan ASEAN Foundation, kami ingin membantu mempersiapkan kaum muda di era ekonomi digital dan mendukung ASEAN dalam mendorong pertumbuhan sosio-ekonomi yang berkelanjutan,” katanya.
 
Berdasarkan kesepakatan ini, ASEAN Foundation dan SAP akan menggelar tiga inisiatif pada 2017 untuk menangani isu-isu ekonomi, lingkungan dan sosial ASEAN, melalui tiga area fokus yang meliputi pendidikan, kesukarelaan dan kewirausahaan.
 
Pendidikan menargetkan mahasiswa tingkat diploma dari 10 negara anggota ASEAN dengan berbagai disiplin ilmu. Bekerja sama dengan program United Nations Volunteers (UNV) dan Kementerian Federal untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan Jerman, Sekretariat ASEAN, ASEAN Foundation dan SAP bersama mitra lainnya telah meluncurkan Youth Volunteering Innovation Challenge (YVIC) di ASEAN.
 
Melalui inisiatif pengembangan kapasitas dan pendampingan yang terstruktur yang direncanakan bersama melalui misi luar negeri dan dengan kearifan lokal, sejumlah karyawan terbaik SAP akan mendukung para pemberdaya dampak sosial melalui konsultasi pendampingan dan pro-bono.
 
Program ini bersama beberapa mitra akan berdampak pada hampir 20 perusahaan sosial di Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand dan Vietnam pada 2017.




Berita Lainnya
Kota Pontianak; Siap Pecahkan Rekor MURI Khatam Alquran Massal

Pontianak, Kabarindo - Pemerintah Kota Pontianak, Kalimantan Barat, akan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dalam rangka kegiatan khataman Alquran secara massal, kata Wali Kota Pontianak, Sutarmidji.


Wapres JK Di Sidang Umum PBB; Pimpin Delegasi Indonesia

Jakarta, Kabarindo- Wakil Presiden M Jusuf Kalla.

Ia memimpin langsung delegasi Republik Indonesia dalam pertemuan tingkat tinggi di Sidang Majelis Umum (SMU) PBB ke-72 di markas


Lokawisata Baturraden; Sambut 1Muharram 1439 H

Purwokerto, Kabarindo- Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah bersama Lokawisata Baturraden menyiapkan kegiatan "Grebeg Suran Baturraden" untuk menyambut Tahun Baru 1439 Hijriah.


Presiden Jokowi Buka IBD Expo 2017; Bahas Perkembangan Digital

Jakarta, Kabarindo- Presiden Joko Widodo membuka Indonesia Business and Development Expo (IBD Expo) yang diselenggarakan di Balai Sidang Jakarta pada 20-23 September 2017 membahas perkembangan ekonomi digital.