Sedapnya Sate Buntel & Bebek Safir Palengko; Plus Segarnya Snow White



Kontributor : Teks & Foto2: Natalia Trijaji (Kontributor Surabaya & Sekitarnya)

Di Mercure Grand Mirama Surabaya

Surabaya, Kabarindo- Menu dari daging kambing menjadi favorit bagi banyak orang, sementara menu berbahan dasar daging bebek juga semakin digemari.

Kedua jenis daging tersebut bisa diolah menjadi menu yang sedap oleh tangan terampil Executive Sous Chef Tatang dari hotel Mercure Grand Mirama Surabaya. Kreasinya berupa menu Sate Buntel dari daging kambing dan Bebek Safir Palengko layak dicoba.

Ia mengatakan, daging kambing biasanya diolah menjadi sate biasa, namun ia mengolahnya menjadi sate buntel yang tak kalah enak. Dagingnya diambil dari kambing impor dari Selandia Baru berumur 4-6 bulan agar empuk.

“Kalau daging kambing lokal kurang empuk, aromanya kuat dan lemaknya tinggi. Tapi pada dasarnya harus pintar-pintar mengolah semua menu berbahan daging kambing supaya empuk dan aromanya tidak menyengat,” ujarnya pada Sabtu (10/12/3016).

Ia menjelaskan cara mengolahnya. Daging kambing digiling bersama bumbu yang terdiri dari bawang merah dan bawang putih, ketumbar, cabe serta bumbu kare Madras, India, yang memberikan cita rasa khas. Daging yang sudah digiling lembut kemudian direkatkan pada tusuk sate dengan diremas-remas. Selanjutnya daging diolesi kecap manis dan dibakar selama 7-10 menit.

Sate Buntel disajikan dengan irisan bawang merah dan cabe, dilengkapi kondimen sayuran selada, irisan tomat, potongan wortel dan acar untuk menetralisir daging kambing serta kerupuk. Siap disantap dengan saus kacang atau sambal kecap, terserah selera.

Sedangkan menu Bebek Palengko cukup menggunakan daging bebek lokal. Menurut Chef Tatang, bebek bisa diolah dengan rasa pedas biasa atau pedas gila. Bagi yang tak suka pedas, bisa minta dikurangi tingkat kepedasannya.

“Bebek kan biasanya digoreng. Di sini saya olah menjadi menu berbeda dengan rasa pedas yang menjadi ciri khas menu bebek. Tapi kalau tak suka pedas, ya bisa dibuat sedang-sedang saja,” ujarnya.

Cara mengolahnya cukup mudah. Setelah dibersihkan, lumuri daging bebek dengan air asam. Biarkan 30 menit agar meresap, kemudian bakar hingga warnanya kecoklatan. Kelupas kulitnya lalu tumis untuk mengeluarkan minyaknya. Gunakan minyak tersebut untuk menumis bumbu yang terbuat dari cabe merah & cabe hijau, cabe rawit, sedikit asam dan kunyit bubuk untuk mengurangi aroma bebek. Selanjutnya potong-potong daging bebek sesuai selera. Setelah itu, masukkan daging bebek ke dalam bumbu dan masak dengan api kecil selama 30 menit dalam wadah yang ditutup.

Sajikan Bebek Palengko dengan kondimen sayuran selada, irisan tomat, mentimun, kubis, kacang panjang dan kerupuk. Hmm...sedap.
Untuk minuman, Mercure menawarkan mocktail Snow White hasil kreasi bar waiter Fahreza dari Coffee Caffee. Minuman ini diracik dari buah sirsak yang segar, sirup hazelnut dan susu segar yang diblender dengan es batu. Selanjutnya dituang ke dalam jar glass dan bagian atasnya diberi whipping cream. Rasanya asam berpadu manis dan segar.

“Tak perlu ditambah gula karena sudah pas manisnya. Minuman ini cocok dinikmati pada malam hari sebagai pendamping makanan ringan atau snack,” ujar Fahreza seperti dilansir dari laman antaranews.

Ia mengatakan, Snow White disukai tamu yang nongkrong di Coffee Caffee, terutama anak muda, sambil nonton bareng pertandingan bola atau sekedar ngobrol santai.




Berita Lainnya
Danamon Semester I 2017; Umumkan Pertumbuhan Laba Bersih 18%

Jakarta, Kabarindo- PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. (“Danamon”) hari ini mengumumkan laporan keuangan untuk semester pertama tahun 2017.

Danamon membukukan laba bersih setelah pajak (NPAT) sebesar


15 Perwira Siswa Australia; Sambangi Mabes TNI

Jakarta, Kabarindo- Sebanyak 15 Perwira Siswa Center For Defence Strategic Studies (CDSS) Australia, terdiri dari 13 Delegasi CDSS, 1 (satu) personel  Atase Udara  dan 1 (satu) personel


Sedapnya Nasi Timbel & Sup Hot Tofu Seafood; Di Ibis Basra Surabaya

Surabaya, Kabarindo- Nasi timbel pasti sudah pernah kita cicipi.

Menu yang berasal dari daerah Sunda ini punya banyak penggemar, karena rasanya sedap dan komplit. Menu ini


Film TEN-The Secret Mission; Expendables Ala Sineas Helfi Kardit

XXI Epicentrum, Jakarta, Kabarindo- Sineas kampiun yang memang sudah terbiasa dengan aktor mancanegara sejak The Guardian.

Helfi Kardit kembali 'berulah' kali ini mencengangkan memang, tidak hanya