Indonesia Sambut Inovasi MOCO; Awesome.....!



Kontributor : Teks; Harry Samputro / Foto2: IsT

Aplikasi Social Reading Pertama di Indonesia

Jakarta, Kabarindo- Makin berkembangnya dunia digital telah mengubah perilaku membaca masyarakat.

Masyarakat telah beralih dari media konvensional ke media digital. Koran, majalah dan jurnal tidak lagi hanya dapat dibaca melalui media cetak saja, film dan musik tidak lagi hanya diakses melalui tv dan radio.
Kini semuanya dapat diakses melalui perangkat digital dalam satu genggam. Begitu pula dengan dunia buku cetak dan penerbitan di Indonesia. Platform buku digital menjadi trend yang semakin berkembang di tengah masyarakat.

Adanya perubahan budaya baca, memberikan inspirasi kepada aksaramaya untuk memberikan cara baru dalam membaca buku melalui aplikasi bernama MOCO (baca mo/cho-red). MOCO merupakan aplikasi social reading pertama di Indonesia karya anak bangsa yang menggabungkan kegiatan membaca secara digital dengan membenamkan fitur sosial media di dalamnya.

Aplikasi MOCO dibuat untuk menjadikan kegiatan membaca buku menjadi mudah, praktis dan menyenangkan. Membaca buku tidak lagi dinikmati sendirian. Pengguna dapat berinteraksi satu sama lain, termasuk dengan penulis berdasarkan buku yang dibaca (book based).
Didukung oleh fitur sosial media, menciptakan engagement yang kuat antar pengguna dalam ekosistem membaca digital. Untuk mengaksesnya pun tidak sulit, karena pengguna dapat mengakses MOCO secara online dan offline. Sulasmo Sudharno, Chief Executive Officer dan salah satu pendiri Aksaramaya menjelaskan, “kehadiran MOCO menjadi gerakan budaya baru dalam membaca karena buku dapat di akses dari mana saja dan kapan saja tanpa dibatasi ruang dan waktu”.

Selain mudah dengan teknologi digital, kini membaca buku tidak lagi terasa mahal. MOCO memberikan beberapa pilihan cara mendapatkan buku, yaitu bisa melalui beli, sewa atau pinjam dengan harga terjangkau. Pembaca bisa meminjam buku dengan cara menjadi member di salah satu ePustaka yang ada di MOCO. ePustaka salah satu fitur unggulan MOCO, dibuat khusus untuk pemilik konten yang ingin mendistribusikan konten kepada komunitasnya, seperti penerbit, pemerintah, sekolah/kampus, dan perusahaan. Moco membuka kesempatan lebar untuk bekerjasama tanpa dibebani biaya dan bisa menjadi sumber pendapatan dengan monetisasi konten yang dimiliki melalui mekanisme yang ada. Moco juga memberikan kesempatan bagi penulis yang ingin menerbitkan karya tulisnya dengan format digital.

Payment Gateway adalah kemudahan lain yang dimiliki MOCO. Dengan sistem deposit point, pembaca tidak terbebani biaya transaksi. Untuk mendapatkan point, Aksaramaya bekerjasama dengan Bank BCA melalui BCA KlikPay, SMS Banking Mandiri dan beberapa bank lain yang sedang dalam persiapan. Namun, MOCO memiliki payment gateway sendiri berupa SMS gateway, voucher, transfer bank manual, dan gift voucher yang memudahkan pembaca saling berbagi point.

Aplikasi MOCO telah Go Live sejak 8 Juni 2014 dan diharapkan dapat membangun sebuah ekosistem membaca digital yang lebih luas dan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan konten. Saat ini, MOCO dapat dijalankan dengan sistem Android, iOS dan Hybrid menggunakan perangkat smartphone dan desktop/ laptop. Untuk mengunduh dapat melalui playstore untuk android, appstore untuk iPhone dan store.moco.co.id untuk desktop/ laptop.




Berita Lainnya
BNI Siap Bantu Modal Usaha Purna TKI; Awesome

Jakarta, Kabarindo- BNI bersedia membantu permodalan bagi purna tenaga kerja Indonesia yang ingin membuka usaha di Tanah Air.

"Apabila membutuhkan bantuan usaha, BNI bisa membantu melalui


"International Tobacco Cartoon Exhibition 2017"; Ajang 100 Karya Prestisius

Semarang, Kabarindo- Sebanyak 100 karya kartunis dari berbagai wilayah dunia mengikuti pameran kartun tembakau bertajuk "International Tobacco Cartoon Exhibition 2017" di Wisma Perdamaian, Kota Semarang.

"Dari


Pasar Kentang Goreng Indonesia; Makin Diminati Belgia

Jakarta, Kabarindo– Industri makanan dan minuman di Indonesia tumbuh positif di sepanjang tahun 2017, bahkan berkontribusi pada produk domestik bruto (PDB) industri non-migas. Hal ini menarik para


Game Dawn of Civilization; Mulai Eksis Di Tanah Air

Jakarta, Kabarindo– Para ahli bidang pendidikan di Solve Education! merilis sebuah game, Dawn of Civilization yang diharapkan bisa membuat para anak-anak dan remaja di Indonesia menjadi lebih