Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hiburan > XL Axiata; Perluas Jaringan Data di Kalimantan

XL Axiata; Perluas Jaringan Data di Kalimantan

Hiburan | Senin, 22 Juli 2019 | 16:04 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
XL Axiata; Perluas Jaringan Data di Kalimantan

XL Axiata; Perluas Jaringan Data di Kalimantan

Trafik penggunaan layanan data meningkat tajam

Surabaya, Kabarindo- PT XL Axiata Tbk. terus membangun jaringan data 4G LTE di Kalimantan, karena trafik penggunaan layanan data di daerah ini terus meningkat dari tahun ke tahun, seperti dalam setahun terakhir meningkat 43%.

Rencana perluasan jaringan akan mencakup wilayah di Kalimantan Barat dan Kalimantan Utara. XL Axiata juga akan membangun jaringan 4G melalui program Universal Service Obligation (USO) yang difokuskan di area-area pedalaman yang belum terjangkau jaringan telekomunikasi.

Group Head XL Axiata Jabodetabek dan Kalimantan Region, Bambang Parikesit, mengatakan visi pihaknya dalam memperluas jaringan data ke berbagai wilayah di Kalimantan adalah aspek bisnis mendukung percepatan pembangunan.

“Kami ingin berkontribusi dalam upaya pemerintah daerah memajukan wilayahnya. Infrastruktur jaringan data yang berkualitas, antara lain berupa tersedianya sambungan internet cepat, akan memungkinkan pelaksanaan digitalisasi di berbagai bidang yang pada akhirnya mendukung percepatan pembangunan di Kalimantan,” ujarnya.

Bambang Parikesit menambahkan, pada tahun ini, XL Axiata akan melanjutkan kebijakan pembangunan jaringan data hingga menjangkau daerah-daerah terpencil di Kalimantan. Jaringan data berkualitas XL Axiata telah menjangkau 54 kota/kabupaten atau lebih dari 96% populasi Kalimantan yang didukung lebih dari 7.000 BTS termasuk lebih dari 5.400 BTS data (3G/4G). Pembangunan infrastruktur jaringan ini juga didukung kabel serat optik antar-daerah.

Saat ini jaringan data XL Axiata telah tersedia di 9 kota/kabupaten di Kalimantan Timur, yang didukung lebih dari 2000 BTS. Khusus jaringan 4G LTE, sudah masuk ke 7 kota/kabupaten, dengan lebih dari 650 BTS. Kota/kabupaten yang sudah terlayani jaringan data, antara lain di Kalimantan Timur meliputi Balikpapan, Samarinda, Bontang, Berau, Kutai Timur, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Paser dan Penajam Paser Utara. Untuk Kalimantan Utara meliputi Tarakan, Bulungan, Malinau dan Nunukan.

Kalimantan Barat ada di Pontianak, Singkawang, Bengkayang, Ketapang Kubu Raya, Landak, Mempawah, Sambas, Sanggau, Sekadau dan Sintang. Kalimantan Tengah di Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, Gunung Mas, Kapuas, Katingan, Kota Palangkaraya, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Lamandau, Murung Raya, Pulang Pisau, Seruyan, dan Mukamara. Kalimantan Selatan di Balangan, Banjar, Barito Kuala, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengan, Hulu Sungai Utara, Kota Banjarbaru, Kota Banjarmasin, Kotabaru, Tabalong, Tanah Bumbu, Tanah Laut dan Tapin.

Untuk jaringan backbone fiber optic di Kalimantan sudah mencapai sekitar 2.500 kilometer. Jaringan ini menjadi tumpuan bagi jaringan infrastruktur XL Axiata yang menjangkau seluruh provinsi di Kalimantan serta menghubungkannya dengan Sumatera, Jawa, Bali, Lombok dan Sulawesi. Hingga akhir 2019, XL Axiata menargetkan penambahan jaringan fiber optik di Kalimantan sekitar 1.400 kilometer.

XL Axiata juga mulai membangun jaringan USO di beberapa wilayah di Indonesia sejak 2018. Saat ini sudah mulai terlihat peningkatan trafik pengguna layanan di daerah-daerah yang telah terjangkau oleh jaringan USO tersebut. Jaringan USO XL Axiata telah beroperasi di Kalimantan Barat dengan total 23 BTS, di Ketapang 6 BTS, Bengkayang 4 BTS, Landak 2 BTS, Kayong Utara 1 BTS, Sambas 2 BTS dan di Sanggau 8 BTS, sedangkan di Kalimantan Selatan sebanyak 7 BTS terdapat di Tabalong

Jumlah pelanggan di Kalimantan hingga akhir Juni 2019 tercatat sekitar 1.7 juta dengan lebih dari 75% merupakan pelanggan data aktif. Angka ini meningkat 14% dari periode yang sama tahun lalu. Jumlah pelanggan data di Kalimantan diprediksi terus meningkat seiring dengan meluasnya jaringan 4G LTE dan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat di area perkotaan ataupun pedesaan untuk memanfaatkan layanan data guna mendukung aktivitas sehari-hari.

Hingga kuartal I/2019, jumlah pelanggan XL Axiata mencapai 55,1 juta dengan jumlah pelanggan data mencapai sekitar 86% dari total pelanggan. Jaringan infrastruktur jaringan yang mendukung berupa lebih dari 122 ribu BTS, termasuk lebih dari 85 ribu BTS data (3G & 4G), yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, serta jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 45 ribu km. Saat ini jangkauan layanan data 4G XL Axiata telah melayani sekitar 405 kota/kabupaten di Indonesia.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER