Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > UNIQLO Kembali Ikut Serta di Indonesia Retail Summit

UNIQLO Kembali Ikut Serta di Indonesia Retail Summit

Gaya hidup | Selasa, 15 Agustus 2023 | 18:47 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
UNIQLO Kembali Ikut Serta di Indonesia Retail Summit

KABARINDO, JAKARTA - Perusahaan ritel global asal Jepang, UNIQLO, kembali menunjukan komitmen untuk mendukung ekonomi Indonesia melalui partisipasinya pada acara Indonesia Retail Summit (IRS) 2023 pada 14-15 Agustus 2023 di Sarinah Building, Jakarta. Tahun ini merupakan tahun kedua UNIQLO di Indonesia ikut serta dalam acara yang mempertemukan para pelaku bisnis ritel domestik maupun global ini. Hal ini turut menjadi bagian dari upaya untuk mendorong perputaran roda ekonomi di Indonesia serta dukungan terhadap Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) salah satunya dengan dengan meningkatkan kerja sama dengan mitra dalam negeri dalam memproduksi sebagian produknya.

Irma Yunita, Corporate Affairs Director PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO di Indonesia) pada acara yang digagas oleh Hippindo tersebut menyampaikan bahwa tahun 2023 ini UNIQLO telah menargetkan 80% dari keseluruhan produknya untuk bisa diproduksi di Indonesia melalui mitra domestik. Hingga saat ini, terdapat 14 pabrik tekstil yang sudah menjadi mitra pemasok yang tersebar di Jawa Barat, Jawa tengah dan Jawa Timur yang memproduksi sebagian produk tidak hanya untuk UNIQLO di Indonesia, namun juga untuk afiliasi UNIQLO di Indonesia yang berada di bawah naungan Fast Retailing Co., Ltd selaku induk perusahaan UNIQLO di Indonesia, baik untuk konsumsi konsumen di dalam negeri maupun untuk keperluan ekspor ke luar negeri yang diperuntukkan untuk konsumsi pelanggan global. Induk perusahaan Fast Retailing Indonesia ini juga melakukan investasi dan transfer teknologi untuk industri tekstil dalam negeri Indonesia serta memasok produk pakaian Original Equipment Manufacturing (OEM) untuk UNIQLO.

Sebagai perusahaan yang memegang prinsip keberlanjutan, hal ini selaras dengan wujud nyata salah satu dari 3 pilar utama sustainability yang diusung oleh UNIQLO yaitu, People, Planet dan Society.

UNIQLO melalui LifeWear, terus berupaya untuk berperan aktif dan secara nyata berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat di Indonesia sebagai perwujudan pilar Society. UNIQLO dalam penerapan aktivitas bisnisnya di Indonesia juga menjalankan berbagai inisiatif tentang bagaimana memperkaya kualitas hidup, diantaranya dengan merangkul kearifan lokal, membangkitkan perekonomian retail di Indonesia dan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitar lokasi usaha melalui program Kolaborasi UNIQLO Neighborhood. 

Program Kolaborasi UNIQLO Neighborhood yang diluncurkan pada tahun 2019 ini diwujudkan dalam bentuk instalasi yang dibangun secara khusus dan berada di dalam area toko-toko UNIQLO Indonesia yang menampilkan beberapa produk dan informasi dari UKM lokal yang telah terpilih melalui proses kurasi di berbagai daerah yang bekerjasama dengan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan setempat serta Dewan Kerajinan Nasional Daerah yang berada di lokasi usaha UNIQLO, produk UKM mana menjadi ciri khas di daerah masing-masing. 

Inisiatif ini mendapat apresiasi dan dukungan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop-UKM) yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada bulan September 2021 lalu bertempat di UNIQLO Solo Paragon sebagai simbol dukungan perusahaan global terhadap UMKM di Indonesia. Hal ini menjadi sinergitas dan wujud kolaborasi serta komitmen yang diharapkan mampu membuka peluang kerja sama antara UKM lokal dan bisnis skala besar agar dapat bersaing di pasar domestik hingga globa, serta membawa dampak positif bagi perekonomian Indonesia.

Hingga kini, program UNIQLO Neighborhood telah hadir di 42 dari 64 toko UNIQLO di Indonesia dengan total lebih dari 350 UKM yang telah turut berpartisipasi. Program ini dikaji setiap 1 tahun sekali untuk memberikan kesempatan kepada lebih banyak kepada pelaku UKM lokal agar dapat menjadi bagian dari program Kolaborasi UNIQLO Neighborhood. 


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER