Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > TikTok Indonesia Punya Buku Panduan #SamaSamaBelajar; Tingkatkan Keberagaman Konten Edukasi

TikTok Indonesia Punya Buku Panduan #SamaSamaBelajar; Tingkatkan Keberagaman Konten Edukasi

Gaya hidup | Jumat, 21 Mei 2021 | 17:47 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
TikTok Indonesia Punya Buku Panduan #SamaSamaBelajar; Tingkatkan Keberagaman Konten Edukasi

TikTok Indonesia Punya Buku Panduan #SamaSamaBelajar; Tingkatkan Keberagaman Konten Edukasi

Dukung kegiatan belajar mengajar

Surabaya, Kabarindo- TikTok Indonesia menghadirkan Buku Panduan #SamaSamaBelajar untuk membantu para guru dan orangtua dalam membuat video edukasi di TikTok, yang bisa mendukung kegiatan belajar mengajar.

Buku ini merupakan rangkaian kolaborasi TikTok Indonesia dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan Jaringan Sekolah Digital Indonesia (JSDI) untuk memberdayakan para tenaga pengajar dalam melakukan kegiatan belajar mengajar dengan cara yang kreatif.

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Mendikbud, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Kesehatan (Menkes) dan Menteri Agama (Menag) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 mulai Juli 2021, kegiatan pembelajaran diwajibkan untuk menggabungkan metode pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dan layanan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Kerja sama antar guru di sekolah dengan orang tua atau wali yang menjadi pengajar di rumah menjadi semakin penting untuk menyukseskan kegiatan belajar bagi peserta didik.

Muhammad Ramli Rahim, Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia Periode 2016-2021 dan Ketua Umum Jaringan Sekolah Digital Indonesia, mengatakan kolaborasi antar pihak menjadi kunci kelancaran kegiatan belajar di rumah atau di sekolah. Guru dan orang tua atau wali yang menjadi garda terdepan di dunia pendidikan perlu selalu beradaptasi dan berinovasi agar peserta didik tetap semangat menimba ilmu.

Buku panduan dari TikTok yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja oleh tenaga pengajar dan orang tua yang menjadi pengajar di rumah, tentu akan memudahkan mereka dalam mengemas konten pendidikan yang lebih kreatif,” ujarnya.

Buku Panduan #SamaSamaBelajar menghadirkan tips untuk membuat konten di TikTok seperti cara-cara menggunakan fitur-fitur yang dapat membuat konten edukasi lebih menarik beserta video contoh yang diberikan oleh salah satu creator. Juga tips bagaimana memaksimalkan akun TikTok beserta ragam konten edukasi. Dikemas dalam bahasa yang sederhana dan tampilan menarik, buku ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi dasar dalam menghasilkan konten di platform TikTok.

Angga Anugrah Putra, Head of Operations TikTok Indonesia, mengatakan Program #SamaSamaBelajar yang diluncurkan pada Hari Pendidikan Nasional tahun lalu memiliki tujuan memberikan akses kepada semuanya untuk belajar dimana saja dan kapan saja melalui video singkat.

Buku Panduan #SamaSamaBelajar yang dapat diakses dengan mudah ini mewujudkan misi tersebut, sekaligus mendorong semakin banyak orang untuk menghasilkan konten edukasi di TikTok,” ujarnya.

Untuk itu, TikTok Indonesia kembali berkolaborasi dengan IGI dan JSDI. Sebelumnya, mereka menyelenggarakan webinar pelatihan kepada lebih dari 2.000 guru di 10 wilayah mulai dari Aceh, Banjarmasin, Maluku, Flores Timur hingga Papua, mengenai konten edukasi di TikTok. Antusiasme dan semangat para peserta diharapkan dapat menyebar ke tenaga pengajar lainnya dengan kesempatan untuk mengakses informasi tentang konten edukasi di Buku Panduan #SamaSamaBelajar.

Buku Panduan #SamaSamaBelajar ini dapat diakses secara gratis di halaman website Ikatan Guru Indonesia dan Jaringan Sekolah Digital Indonesia. Konten-konten edukasi lainnya dapat dilihat pengguna dengan mengunjungi tagar #SamaSamaBelajar di aplikasi TikTok. Konten edukasi dengan tagar ini telah menempati top konten di TikTok dengan jumlah views lebih dari 56 miliar.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER