Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Ekonomi & Bisnis > STMIK Karawang Berikan Fleksibilitas Jadwal Kuliah Bagi Mahasiswa yang Bekerja

STMIK Karawang Berikan Fleksibilitas Jadwal Kuliah Bagi Mahasiswa yang Bekerja

Ekonomi & Bisnis
Oleh : Orie Buchori

BAGIKAN :
STMIK Karawang Berikan Fleksibilitas Jadwal Kuliah Bagi Mahasiswa yang Bekerja

KABARINO, KARAWANG - Setiap tahun selalu saja ada kaum muda yang menghadapi dilema, mau kuliah dulu atau bekerja dulu? Persoalan ini ibarat buah simalakama.

Mau bekerja dulu, takut nanti tidak lagi mempunyai waktu untuk kuliah karena jadwal pekerjaan yang tidak bisa diganggu-gugat. Sementara jika langsung kuliah, khawatir biaya kuliah akan memberatkan orang tua.

Bekerja sambil kuliah menjadi idaman banyak kaum muda, terutama yang bekerja atau memiliki tempat tinggal di daerah atau kawasan industri. Dengan kesempatan kerja yang tinggi di kawasan industri seperti misalnya Karawang, banyak kaum muda yang memutuskan untuk bekerja terlebih dahulu.

Lalu kenapa tidak kuliah sambil bekerja? Banyak yang berkata, hal itu mudah diucapkan namun sulit dilakukan. Apalagi banyak cerita mengenai mahasiswa yang gagal menyelesaikan kuliahnya lantaran terlalu asyik bekerja. Namun apakah selalu demikian?

Bekerja sambil kuliah memang tidak mudah, namun tentu saja dapat dilakukan. Hal terpenting bagi mahasiswa yang bekerja adalah memilih kampus yang tepat. Pertama-tama tentu lokasi yang dekat dengan tempat kerja. Namun yang terpenting apakah kampus tersebut memiliki biaya pendidikan yang terjangkau dan jadwal kuliah yang fleksibel serta kualitas yang menjamin mutu perkuliahan.

Salah satu kampus yang terdapat di kawasan industri Karawang adalah STMIK Horizon Karawang yang telah mempersiapkan dengan matang kebutuhan bagi mahasiswa dari berbagai latar belakang. Baik bagi mahasiswa full student yang memang hanya berkuliah saja, atau bagi working student atau mahasiswa yang bekerja. 

Misalnya saja, bagi mahasiswa yang full berkuliah saja, tentu bisa mengambil jadwal kuliah reguler pagi pada hari Senin - Jumat yang dimulai jam 08:00 - 12:00 WIB dengan perkuliahan di kampus yang juga dilengkapi dengan video pembelajaran. 

Sementara itu tersedia juga jadwal kuliah reguler sore dari hari Senin – Jumat jam 18:30 - 22:30 WIB dengan online learning dengan video. Kelas ini sangat fleksibel karena hanya mewajibkan mahasiswa datang empat kali dalam tiap semesternya ke lab komputer.

“Kami menyebutnya sebagai online learning. Pada praktiknya bisa saja gabungan antara zoom, google meet, google class, video learning, forum, diskusi, dan lain-lain,” ujar Rolles Herwin, S.Kom, MMSI, Ketua STMIK Horizon Karawang.

Selain itu masih ada kelas weekend di akhir pekan yang digelar hari Kamis – Jumat jam 18:30 - 22:30 WIB berupa online learning dengan video serta di hari Sabtu jam 08:00 - 17:00 WIB yang berupa kuliah tatap muka di kampus.

Dengan fleksibilitas yang tersedia bagi mahasiswa pada semua jurusan yang tersedia di STMIK Horizon Karawang (S1 Informatika, S1 Sistem Informasi, dan D3 Sistem Informasi) maka sangat cocok bagi kaum muda di Karawang yang ingin bekerja sambil kuliah. Apalagi lokasi kampusnya juga strategis , terletak di Jalan Raya Pangkal Perjuangan KM. 1 By Pass Karawang, Jawa Barat.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER