Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Gaya hidup > SnackVideo Berikan Pelatihan Pembuatan Konten untuk LSM

SnackVideo Berikan Pelatihan Pembuatan Konten untuk LSM

Gaya hidup
Oleh : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
SnackVideo Berikan Pelatihan Pembuatan Konten untuk LSM

SnackVideo Berikan Pelatihan Pembuatan Konten untuk LSM

Dukung penyampaian pesan positif berdampak sosial

Surabaya, Kabarindo- SnackVideo, platform media sosial berbagi video pendek dari Kuaishou Technology, telah mengadakan pelatihan pembuatan video pendek untuk LSM secara daring dan gratis.

Pelatihan diikuti 50 peserta dari berbagai LSM di Indonesia seperti UN Pulse Lab, UNICEF, Plan Indonesia dan Yayasan Pita. Kegiatan ini diadakan untuk membantu LSM agar dapat menyampaikan pesan dari kampanye mereka dengan cara kreatif dan interaktif melalui video pendek. Sehingga kampanye program yang mereka jalankan dapat dikomunikasikan dengan baik dan menjangkau target sasaran dengan efektif.

Prigi Arisandi, Direktur Eksekutif, Ecological Observation and Wetlands Conservation (Ecoton), mengatakan pelatihan pembuatan video pendek untuk LSM ini sangat bermanfaat, karena menambah pengetahuan dan memberikan sudut pandang baru tentang pembuatan konten video.

“Selama ini kami memang menghadapi kendala kreatif mengenai pembuatan konten saat mengkampanyekan isu-isu yang kritis, karena konten menjadi terlalu serius dan formal. Di sini kami mendapatkan berbagai masukan yang berharga tentang pembuatan konten video pendek yang simpel dan menarik, sehingga pesan yang kami sampaikan tak hanya dapat menjangkau audiens sasaran kami, tapi juga masyarakat umum,“ ujarnya.

SnackVideo tidaklah asing dengan kampanye yang mengangkat isu penting bagi masyarakat. Di Indonesia, SnackVideo telah mengadakan kampanye #BersamaHinggaUsai yang membagikan informasi tentang Covid-19 dan tips menjaga kesehatan mental selama menjalani pandemi. Untuk kampanye yang berlangsung sepanjang Agustus 2021, SnackVideo bekerja sama dengan WHO, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo) dan CARE Indonesia. SnackVideo juga membentuk Pusat Fakta Covid-19 yang berjalan mulai Desember 2021 hingga saat ini.

Secara global, Pusat Fakta tersebut dibentuk untuk menyediakan berbagai informasi tentang Covid-19 bagi masyarakat di Brasil dan negara-negara berbahasa Spanyol di Amerika Latin pada awal 2022. Pada 2021, SnackVideo juga mengadakan kampanye #UnMensajeSalvaVidas di Meksiko, Argentina, Colombia dan Kosta Rika yang berkaitan dengan isu kesehatan mental.

Dalam kegiatan workshop tersebut, hadir Fellexandro Ruby, kreator konten dan co-founder Thirty Days of Lunch Podcast, dan Aries Lukman, kreator konten dan founder komunitas fotografi iPhonesia. Mereka berbagi ilmu dan inspirasi tentang kreasi konten yang simpel dan menarik.

Ruby berbagi ilmu dan pengalaman tentang teknik storytelling, bagaimana membuat konten lebih informatif dan mudah dicerna oleh audiens. Sedangkan Aries berbagi tips membuat konten video pendek dengan smartphone, teknik pengambilan gambar serta pentingnya memanfaatkan fitur dalam aplikasi video pendek untuk membuat konten yang lebih menarik.

“Konten apapun yang dibagikan di media sosial akan dapat mempengaruhi generasi sekarang dan generasi berikutnya. Karena itu, saya sangat mendukung pembuatan konten-konten positif, edukatif dan bermanfaat dari teman-teman di LSM, agar generasi sekarang dan berikutnya mendapat pengaruh yang positif dari konten-konten ini,” ujar Ruby.

Radityo Utomo, Public Policy Manager Southeast Asia & South Asia SnackVideo, mengajak LSM-LSM untuk menciptakan keberagaman konten yang berdampak positif melalui posting aktif di SnackVideo.

“SnackVideo sangat menghargai segala bentuk kreativitas, tak hanya terbatas pada konten video pendek yang menghibur, tapi juga konten-konten yang sifatnya edukatif dan informatif bagi masyarakat. Hadirnya konten-konten video pendek yang meningkatkan kesadaran dari para pengguna kami tentang isu-isu kritis yang berkaitan dengan kesejahteraan komunitas lokal, akan memperkaya variasi konten di SnackVideo dan membuat komunitas SnackVideo semakin berkembang,” ujarnya.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER