Salsa Wakili Jatim Siap Berlaga di TOP 70 LIDA 2021; Berlatih Menghapal 200 Lagu

Salsa Wakili Jatim Siap Berlaga di TOP 70 LIDA 2021; Berlatih Menghapal 200 Lagu

Salsa Wakili Jatim Siap Berlaga di TOP 70 LIDA 2021; Berlatih Menghapal 200 Lagu

Siapkan fisik, jaga kesehatan, olahraga rutin, lari dan berenang

Surabaya, Kabarindo- Salsa, 18 tahun, dari Jombang, Jatim, sejak kecil ingin menjadi pedangdut terkenal. Ia merasa memiliki bakat dan cukup berpengalaman manggung. Ia suka menyanyi sejak kelas 5 SD dan belajar nyinden sejak kelas 1 SMP.

Cita-cita untuk menjadi pedangdut terkenal telah dirintis Salsa dengan mengikuti audisi LIDA 2021 secara online. Ia membawakan 3 lagu yaitu Perih, Ditikam Asmara dan Akhir Sebuah Cerita. Salsa membuat video di studio yang kedap suara, namun kesulitan mencari sinyal yang bagus.

“Audisi online itu kesulitannya dapat sinyal yang bagus,” aku gadis yang bersekolah mulai TK-SMA di Nganjuk, Jatim, ini.

Salsa mengatakan, ia pernah mengikuti ajang Dangdut Academy, namun gagal. Kali ini ia berhasil masuk TOP 70. Ia gembira dan bersyukur atas pencapaian ini dan akan berupaya keras untuk terus maju menjadi juara.

“Nggak menyangka masuk TOP 70. Seneng banget dan bersyukur,” ungkapnya.

Sebagai anak bungsu, Salsa termotovasi oleh kakak-kakaknya yang pedangdut dan sering manggung di Jombang, Nganjuk dan Kediri. Ia sering melihat mereka manggung karena diajak, kemudian lama-lama ikut manggung. Akhirnya ia juga mendapat tawaran.

Salsa senang bisa mendapat penghasilan sendiri. Namun pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap pemasukannya. Ia mengaku, sebelum ada pandemi, sering mendapat banyak job. Jika bulan Agustus bahkan bisa 4 kali manggung dalam sehari.

“Dulu awal-awal pandemi sepi, lantas ada job meski nggak seramai sebelum pandemi. Sekarang agak sepi lagi,” tuturnya.

Beruntung ia memiliki penghasilan lain dari angkringan es coklat yang dikelolanya sejak masih sekolah. Setiap pulang sekolah, ia lalu berjualan untuk menambah uang saku.

Setelah lulus SMA pada tahun lalu, Salsa bisa fokus mengembangkan karir. Kini ia sibuk mempersiapkan diri untuk berlaga di TOP 70 LIDA 2021. Ia mengaku berlatih menghapal 200 lagu. Untuk melatih vokal, Salsa sering berkaraoke bersama keluarganya di rumah. Ia juga menjaga kesehatan dengan rajin berolahraga lari dan berenang.

Salsa senang, keluarga besarnya memberikan dukungan. Begitu pula pemerintah Kabupaten Jombang, Nganjuk dan Kediri.

“Semoga dukungan mereka tak sia-sia dan saya bisa jadi juara. Harus optimis,” tuturnya.

Salsa mengidolakan pedangdut senior Elvy Sukaesih dan Lesty Kejora. Ia menyukai Lesty karena suaranya berkarakter dan gayanya apik. Ia berharap bisa sukses seperti mereka.

Indosiar menayangkan audisi LIDA 2021 sejak 6 Maret dengan mengundang para peserta yang lolos ke Jakarta untuk mengikuti seleksi tahap akhir hingga terpilih 70 duta propinsi. Mereka akan berkompetisi dan memperebutkan gelar Juara LIDA 2021 dengan hadiah total Rp.1 miliar.

Penulis: Natalia Trijaji