Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Olahraga > Pembukaan ASEAN Para Games: Kontingen Indonesia Pamerkan Kekayaan Budaya Nusantara

Pembukaan ASEAN Para Games: Kontingen Indonesia Pamerkan Kekayaan Budaya Nusantara

Olahraga | Minggu, 4 Juni 2023 | 07:49 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Pembukaan ASEAN Para Games: Kontingen  Indonesia Pamerkan  Kekayaan Budaya  Nusantara

KABARINDO,, PHNOM PENH - Kontingen Indonesia memamerkan kekayaan budaya negaranya seperti tergambarkan dalam balutan busana yang digunakan tim Merah Putih dalam defile upacara pembukaan ASEAN Para Games (APG) 2023 di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu.


Salah satunya, pakaian khas Suku Dayak yang dikenakan atlet para-atletik Figo Saputra.

"Senang karena baru pertama kali ini pakai pakaian Dayak. Persiapan juga tidak sulit karena sudah mendapat arahan sebelum berangkat ke Kamboja," kata Figo.

Kontingen Merah Putih mengusung tema "Sparkling Archipelago" pada defile upacara pembukaan pesta olahraga disabilitas terbesar di Asia Tenggara edisi ke-12 tersebut.

Atlet-atlet Indonesia yang ikut defile juga memakai topi daerah berwarna emas dan merah yang melambangkan keberanian dan kesuksesan yang terpancar bak emas yang berkilau.

Selain busana adat dayak, sejumlah atlet lainnya juga mengenakan pakaian berbagai daerah seperti dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, hingga Papua.

Ragam busana yang mereka kenakan menggunakan perpaduan warna merah, putih, dan emas sebagai warna identitas negara Indonesia.

Pada defile upacara pembukaan APG 2023, atlet para-angkat berat putri Dwiska Afrilia Maharani memimpin barisan dengan membawa bendera Merah Putih.

Baca juga: ASEAN Para Games 2023 Kamboja promosikan inklusi dan persahabatan

Dalam pelaksanaannya, Kontingen Indonesia berkekuatan 268 atlet untuk berjuang memenuhi target 121 medali emas, 94 perak, dan 84 perunggu.

Mereka akan bersaing pada 12 cabang olahraga yakni para-atletik, para-bulu tangkis, para-tenis meja, para-renang, para-angkat berat, judo tunanetra, para-catur, bola voli duduk, sepak bola cp, boccia, bola basket kursi roda, dan goalball

Kontingen Indonesia bertekad mencetak sejarah dengan hattrick juara umum atau tiga kali secara beruntun dalam pesta olahraga disabilitas terbesar di Asia Tenggara edisi ke-12 tersebut.

Dalam dua edisi ASEAN Para Games, Indonesia digdaya dengan selalu menjadi juara umum.

Pada ASEAN Para Games IX/2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, skuad Merah Putih membawa pulang 126 emas, 75 perak, dan 50 perunggu.

Kala itu, Indonesia mengalahkan tuan rumah Malaysia yang berada di urutan kedua dengan 90 emas, 85 perak, 83 perunggu. Thailand berada di posisi ketiga dengan mengemas 68 emas, 73 perak, 95 perunggu.

Kemudian, Indonesia sukses mempertahankan predikat sebagai juara bertahan ketika menjadi tuan rumah ASEAN Para Games XI/2022 di Solo, Jawa Tengah, dengan mengantongi 175 emas, 144 perak, 107 perunggu.

Thailand di urutan kedua dengan 117 emas, 113 perak, dan 88 perunggu. Sementara Vietnam berada di posisi ketiga dengan mengoleksi 65 emas, 62 perak, dan 55 perunggu. Foto: Antara


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER