Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > manis ae Ajak Masyarakat Konsumsi Kopi Nusantara; Tingkatkan Pendapatan Petani Kopi

manis ae Ajak Masyarakat Konsumsi Kopi Nusantara; Tingkatkan Pendapatan Petani Kopi

Ekonomi & Bisnis | Jumat, 1 Oktober 2021 | 20:06 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
manis ae Ajak Masyarakat Konsumsi Kopi Nusantara; Tingkatkan Pendapatan Petani Kopi

manis ae Ajak Masyarakat Konsumsi Kopi Nusantara; Tingkatkan Pendapatan Petani Kopi

Peringati Hari Kopi Internasional 1 Oktober

Surabaya, Kabarindo- Anton Soekamto, COO manis ae Coffee and Space, mengajak masyarakat untuk mengonsumsi kopi produk para petani Nusantara agar meningkatkan pendapatan mereka. Hal ini dilontarkannya dalam rangka memperingati International Coffee Day (Hari Kopi Internasional) pada 1 Oktober.

“Kita perlu mengapresiasi para petani kopi di seluruh dunia. Berkat mereka, setiap orang dapat menikmati kopi favorit setiap pagi,” ujarnya.

Khusus di Indonesia, Anton mendorong para pecinta kopi untuk mengonsumsi beragam kopi dari berbagai daerah di Nusantara, agar konsumsi kopi nasional meningkat, sehingga juga meningkatkan penjualan para petani kopi.

Anton mengatakan, manis ae hanya menyajikan kopi-kopi specialty dari Nusantara. “Kami bangga menyajikan kopi Nusantara. Indonesia memiliki kopi-kopi terbaik dan sering menang dalam kontes internasional,” ujarnya.

Anton memaparkan, untuk House Blend, manis ae memadukan origin Bali Arabica Honey processed dan Arabica Java Coffee full wash dengan Robusta Java Malangsari wash processed. Sedangkan untuk Manual Brew ada 3 origin yang disajikan dan berganti setiap bulan agar pelanggan mendapatkan pengalaman berbeda, Misalnya bulan ini disajikan Arabica Gayo Red Honey, Java Preanger Wine Processed dan Papua Baliem Wash Processed. Semua jenis di- roasting dan di-brewing hanya dari kualitas pertama dan specialty.

Anton menambahkan, manis ae sangat memperhatikan keaslian jenis kopi. Menurut ia, saat ini marak produk yang diklaim dari asal daerah tertentu, padahal itu palsu. Hal ini sangat merugikan petani maupun konsumen.

Guna mengantisipasi, manis ae beserta para pihak terkait yaitu petani, distributor dan roaster telah melakukan tracebility atau penelusuran secara menyeluruh demi menjamin kualitas dan keberlanjutan produk. Anton mengatakan, manis ae sebagai coffee shop yang menyajikan kopi Arabica asli telah tercatat dalam rantai pasokan kopi Nusantara.

Ia menekankan, originalitas dan traceability penting karena menyangkut kepercayaan pelanggan. Mereka ingin mendapatkan produk sesuai dengan yang dibeli. Bila mungkin, mendapatkan produk yang lebih baik. Hal itu juga menyangkut berkelanjutan produksi bagi para petani. Jika banyak sekali pemalsuan produk akan merugikan petani dan jika terus demikian, maka petani akan berhenti berproduksi.

Traceability dapat meningkatkan konsumsi atas origin tersebut. Kepercayaan konsumen terhadap keaslian sebuah produk berbanding lurus dengan keamanan dan kenyamanan konsumen dalam menikmati kopi dari origin tersebut,” ujar Anton.

Ia menambahkan, manis ae menjamin kualitas kopi yang disajikan maupun suasana, agar para pengunjung merasa nyaman dengan beragam konsep venue yang dihadirkan. Mulai dari konsep industrial, tropical bohemian, garden, vintage dan VIP room yang dapat dipilih sesuai selera.

“Kami juga memberikan experience kepada para penggunjung untuk membuat minuman kopi kreasi sendiri di bar manis ae dengan didampingi oleh barista profesional,” ujar Anton.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER