Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Kiat Jitu Hadapi Tren Resign Setelah Lebaran

Kiat Jitu Hadapi Tren Resign Setelah Lebaran

Gaya hidup | Minggu, 24 Maret 2024 | 03:59 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Kiat Jitu Hadapi Tren Resign Setelah Lebaran

KABARINDO, JAKARTA -  Di Indonesia, banyak karyawan memilih untuk mengundurkan diri setelah Idul Fitri. Bagi mereka, masa setelah Lebaran menjadi saat yang tepat dan menguntungkan untuk mengajukan resign dibanding waktu lainnya. Meskipun tidak ada larangan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan setelah Lebaran, hal ini jamak dan lumrah terjadi di dunia kerja. 

Beberapa alasan kenapa banyak karyawan mengajukan pengunduran diri kerja setelah Lebaran antara lain:

 

  1. Menunggu Tunjangan Hari Raya (THR)

Alasan menunda resign atau pengunduran diri dari tempat kerja sambil menunggu THR ‘cair’ seringkali terucap dari para pegawai. Hal ini dilakukan agar mereka 'aman' secara finansial, karena THR akan digunakan sebagai dana tambahan sampai menemukan pekerjaan baru atau sebagai modal usaha. Biasanya mereka akan mengajukan resign ketika masuk kerja pertama kali pasca Lebaran.

 

  1. Banyaknya Kesempatan Baru Terbuka

Ketika banyak karyawan yang mengajukan resign setelah lebaran maka membuat banyak posisi kerja kosong. Oleh sebab itulah sebagian besar perusahaan cenderung juga membuka lowongan pekerjaan setelah momen Lebaran tiba. Momen pasca Idul Fitri dianggap lebih efektif untuk memulai program baru seperti pengembangan karyawan, di samping rekrutmen.

 

  1. Mencari Tantangan Karier Baru

Alasan ini juga seringkali terlontar dari karyawan yang mengundurkan diri dari pekerjaan setelah Lebaran. Mereka ingin berkembang di tempat lain dan mencari tantangan karier yang baru. Kadangkala mereka berusaha mencari pekerjaan baru yang berbeda dengan profesi sebelumnya karena ingin meningkatkan skill.

 

Selain ketiga alasan tersebut, para pencari kerja mengajukan resign karena ingin bekerja di kampung, merasa kurang diapresiasi oleh perusahaan, semakin banyak pilihan lowongan kerja baru, menyesuaikan dengan kapasitas diri, atau lingkungan kerja yang tidak kondusif. Oleh karena itulah, pencari kerja seringkali juga mulai melakukan browsing untuk mencari kesempatan kerja yang baru di bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri 2024.

 

Ramadan 2024 ini juga menjadi momen tepat bagi para pencari kerja untuk melakukan update Curriculum Vitae (CV) mereka sehingga memperoleh peluang panggilan wawancara dan pekerjaan lebih besar. Berdasar survei Jobstreet by Seek bertajuk “Rekrutmen, Kompensasi, dan Manfaat 2024” yang diselenggarakan pada September 2023 silam, aktivitas perekrutan tenaga kerja pada semester pertama 2024 akan cenderung lebih aktif dibanding tahun sebelumnya sehingga menjadi saat yang tepat bagi para pencari kerja untuk berburu lowongan baru.

 

Tren ini menunjukkan potensi peningkatan pergantian karyawan yang juga dilakukan biasanya pasca Lebaran. Salah satu kiat jitu dalam menghadapi tren resign pasca Lebaran adalah perusahaan tetap fokus pada strategi retensi dan kompensasi yang kompetitif untuk menjaga kestabilan tenaga kerja.

 

Kiat lainnya adalah kalangan perekrut kerja atau perusahaan bisa memanfaatkan momen Ramadan untuk mencari kandidat calon karyawan baru. Mereka biasanya menggunakan layanan pencarian kerja yang kini semakin banyak tersedia secara online. Salah satu layanan pencarian yang tepat adalah JobStreet Express, bagian dari Jobstreet by SEEK, teknologi pencarian kerja terkemuka di Indonesia. JobStreet Express menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam pencarian karyawan semi terampil melalui platform atau aplikasi yang dapat diakses secara gratis di momen seperti ini.

 

Untuk membantu kebutuhan pencarian karyawan selama Ramadan, JobStreet Express mengkampanyekan tersedianya layanan paket Express Super yang dapat membantu para perekrut kerja dengan berbagai keuntungan untuk memenuhi kebutuhan karyawan selama masa lebaran dan di tengah tren dunia kerja 2024. Paket Express Super yang berbayar ini menawarkan berbagai kemudahan antara lain:

● Iklan Premium tanpa batas, yang akan muncul di halaman pertama pada hasil pencarian di platform atau aplikasi JobStreet Express dalam waktu 1 (satu) bulan

● Menjangkau kandidat karyawan lebih banyak dibandingkan iklan biasa

● Tersedia paket tambahan (add-on) berupa Paket SUPER BRANDING, dengan tambahan coverage dari media sosial JobStreet Express

 

Paket berbayar Express Super ini tersedia untuk pengguna JobStreet Express yang berlokasi di wilayah Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Bali, Cirebon, Lombok, Garut, Solo, dan kota-kota lain di Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. Jika perusahaan tertarik dengan paket berbayar Express Super, maka bisa menghubungi nomor WhatsApp JobStreet Express di 0813-9964-2223. Selain itu, bagi pihak perusahaan yang ingin memasang iklan dan lowongan pekerjaan di JobStreet Express juga dapat dilakukan dengan mudah melalui laman website employer.jobstreetexpress.com.

 

Hingga triwulan pertama 2024 ini, JobStreet Express telah memiliki lebih dari 19 ribu iklan lowongan kerja semi terampil yang aktif dan tercatat lebih dari 1 juta kandidat telah melakukan pencarian kerja dalam platform-nya. Dengan proses rekrutmen mudah yang ditawarkan oleh JobStreet Express, para pencari kerja dapat melamar berbagai lowongan hanya di satu portal secara cepat, aman, dan gratis.

 

Sementara itu, para pencari kerja juga dapat mengakses daftar lowongan kerja dari berbagai perusahaan tepercaya melalui website id.jobstreetexpress.com dan aplikasi JobStreet Express yang dapat diunduh melalui App Store atau Play Store. Lowongan yang tersedia bervariasi tipenya mulai dari full-time, part time, dan daily worker.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER