Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Kemenhub Buka Pendaftaran Mudik Gratis Natal dan Tahun Baru

Kemenhub Buka Pendaftaran Mudik Gratis Natal dan Tahun Baru

Berita Utama | Rabu, 6 Desember 2023 | 08:42 WIB
Editor : Gatot Widakdo

BAGIKAN :
Kemenhub Buka Pendaftaran Mudik Gratis Natal dan Tahun Baru

Kabarindo, Jakarta--Kementerian Perhubungan (Kemenhub) secara resmi telah membuka pendaftaran mudik gratis Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kemenhub mudik gratis bagi pengguna sepeda motor disediakan pemerintah untuk mengantisipasi meningkatnya pergerakan pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

“Untuk itu sesuai arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, maka kami akan menyelenggarakan mudik gratis di libur Nataru ini,” kata Direktur Angkutan Jalan Kemenhub Suharto, di Jakarta.

Ia menyampaikan, mudik gratis yang bertujuan untuk meningkatkan keselamatan dan kelancaran selama libur Nataru dapat diakses secara daring (online) melalui aplikasi Mitra Darat mulai tanggal 5 – 20 Desember 2023.

Berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub (Baketrans) prediksi masyarakat yang akan bepergian mencapai 107,63 juta atau 39,83 persen dari total populasi nasional. Dari jumlah tersebut mayoritas akan menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor.
 

Pada rencana penyelenggaraan Mudik Gratis Nataru ini, Ditjen Perhubungan Darat menyediakan kuota 90 unit bus AKAP dan pariwisata dengan total 3.600 penumpang. Untuk kendaraan sepeda motor disiapkan untuk 120 unit dengan empat truk.

Ia mengatakan, bagi yang belum memiliki aplikasi Mitra Darat untuk melakukan pendaftaran, dapat mengunduh di Play Store atau App Store dengan versi terbaru yakni 2.3.1 untuk iOS dan versi 1.1.8 untuk Android.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER