Hati-Hati Jika Download 4 Aplikasi Ini, WhatsApp Terblokir?

Hati-Hati Jika Download 4 Aplikasi Ini, WhatsApp Terblokir?

JAKARTA, Kabarindo.com : WhatsApp (WA), aplikasi ini masih menjadi andalan banyak orang dalam berkomunikasi berkirim pesan maupun telpon. Meskipun sudah dilengkapi berbagai fitur, aplikasi ini masih saja dianggap belum sempurna. Lantaran banyak fitur yang diinginkan pengguna tak tersedia. Hal ini menjadi alasan munculnya WhatsApp Modifikasi (WA Mod) yang diunduh dari sumber ketiga.

Pihak WA secara tegas menyatakan bahwa aplikasi dari WA Modifikasi tidak terjamin keamanannya. WA pun mengancam akan memblokir pengguna aplikasi hasil modifikasi itu.

"Aplikasi tidak resmi ini dikembangkan oleh pihak ketiga dan melanggar Ketentuan Layanan kami," tulis WhatsApp di laman FAQ, sebagaimana dikutip yang dihimpun MNC Portal Indonesia, Minggu (10/10/2021).

Pemblokiran akan dilakukan secara bertahap, dari sementara menjadi permanen. Awalnya akan muncul notifikasi bahwa akun pengguna diblokir untuk sementara. Pengguna masih bisa menyelamatkan akun miliknya dengan cara beralih ke aplikasi WhatsApp resmi. Namun, jika pengguna tersebut masih bandel, maka akun tersebut akan diblokir secara permanen oleh WhatsApp.

Lantas, apa saja aplikasi yang bisa bikin akun WA terblokir? Inilah 4 Aplikasi yang harus diwaspadai seperti dilansir dari Okezone.

1. Yo WhatsApp

Aplikasi ini dikembangkan oleh Yousef Al-Basha namun hanya bertahan sebentar. Berikutnya pengembangannya dilakukan Fouad Mokdad yang juga mengembangkan FM WhatsApp. Pengguna Yo WhatsApp dapat menggunakan tiga akun sekaligus pada satu aplikasi. Pengiriman gambar dengan ukuran 100 MB juga dapat dilakukan di aplikasi ini. Fitur tersebut tentu membuat para pengguna tertarik. Namun, perlu diingat bahwa aplikasi ini tidak resmi. Selain akun kamu akan terblokir, data diri kamu juga bisa bocor lho.

2. GB WhatsApp

Salah satu fitur yang ditawarkan GB WhatsApp adalah bisa menggunakan dua akun dalam satu perangkat yang sama. Padahal aplikasi resminya belum memiliki fitur tersebut. Selain itu, terdapat fitur seperti menyembunyikan pemberitahuan pop-up dari aplikasi ini dari layar utama. Meski memiliki fitur yang lebih banyak, akun kamu akan terblokir jika WhatsApp resmi mendeteksi penggunaan aplikas

3. Blue WhatsApp

Blue WhatsApp mengakui sebagai aplikasi modifikasi dari versi resminya. Aplikasi ini juga menawarkan fitur Blue WhatsApp Plus, dimana kamu dapat memodifikasi warna serta tema dari aplikasi. Bahkan sudah tersedia lebih dari 5000 tema secara gratis. Blue WhatsApp juga memiliki fitur menyembunyikan aktivitas online. Sehingga kamu tak perlu takut ketahuan sedang online walau belum membalas pesan seseorang. Namun, tentu saja kamu akan memiliki risiko terblokir jika ketahuan WhatsApp resmi.

4. WhatsApp Plus

Dilansir dari situs Lifewire, aplikasi ini dapat mengganti warna, huruf hingga tema WhatsApp. Fitur lainnya adalah mematikan panggilan suara dan menyembunyikan gambar profil. WhatsApp Plus juga mendukung penggunaan 4 akun sekaligus dan bisa menghapus pesan yang dikirimkan. Meskipun begitu, Lifewire menambahkan bahwa WhatsApp Plus adalah platform yang tidak aman. Pasalnya, tak sedikit pengguna WhatsApp yang terblokir karena menggunakan aplikasi ini. Ilustrasi (Foto : Express)