Western Digital; Kembangkan Teknologi HDD

Western Digital; Kembangkan Teknologi HDD

Western Digital; Kembangkan Teknologi HDD

Untuk perusahaan hingga jajaran solusi data center dengan TCO terdepan

Surabaya, Kabarindo- Terus berinovasi untuk membantu perusahaan mengimbangi kebutuhan volume data yang berkembang pesat, Western Digital memperluas jajaran teknologi HDD dan kepemimpinannya pada kapasitas untuk portofolio solusi data center yang lebih luas.

Memanfaatkan inovasi dari platform teknologi Ultrastar 18TB dan 20TB HDD, produk WD Gold sekarang memiliki kapasitas HDD baru yaitu 16TB dan 18TB CMR. Juga tersedia pilihan upgrade platform Ultrastar JBOD dan server penyimpanan hybrid Ultrastar yang terdiri dari Ultrastar 16TB dan 18TB CMR HDD. Melalui kapabilitas integrasi vertikal Western Digital dan portofolio yang lengkap, perusahaan terus menegaskan posisinya dalam membantu pelanggan memenuhi permintaan data saat mereka merancang infrastruktur penyimpanan secara lebih efisien dengan produktivitas yang lebih baik.

“Solusi jajaran data center HDD dari Western Digital yang diperluas menjawab berbagai kebutuhan pelanggan, yang menempatkan mereka pada posisi awal yang unik untuk memanfaatkan transisi pelanggan cloud dan OEM ke 18TB, bahkan ke 20TB bagi mereka yang mengoptimalkan manfaat SMR,” kata John Chen, Vice President di TRENDFOCUS.

“HDD dengan kapasitas skala enterprise akan terus mendominasi pasar penyimpanan nearline dan sekunder, karena tidak ada tandingan lain yang hemat biaya untuk data pada skala tersebut. Kami berharap pengiriman disk drive nearline akan tumbuh pada CAGR 32,5%, mencapai 1,9 zettabytes pada 2024,” imbuhnya.

Western Digital terus berinovasi pada berbagai vektor teknis seperti dukungan energi, desain mekanik, bahan dan teknologi perekaman. Diumumkan pada September 2019 lalu, Ultrastar DC HC650 SMR HDD host-managed dengan kapasitas 20TB serta Ultrastar DC HC550 CMR HDD dengan kapasitas 16TB dan 18TB adalah implementasi komersial pertama teknologi EAMR di industri. Drive ini menghadirkan kepadatan areal terdepan bersama dengan desain HelioSeal dari Western Digital untuk efisiensi daya yang luar biasa dan inovasi mekanis seperti TSA pertama di industri untuk meningkatkan akurasi head-positioning dan memberikan kemampuan kapasitas yang lebih besar. Sembilan disk drive ini juga memungkinkan pelanggan untuk lebih efisien dalam penyediaan dan mengukur lingkungan data center mereka dengan nilai TCO yang tak tertandingi.

Melanjutkan ketersediaan WD Gold NVMe SSD baru-baru ini, Western Digital telah kembali memperluas produk WD Gold drive untuk saluran pelanggan dengan memasukkan model HDD 16TB dan 18TB CMR. Tersedia sekarang dengan garansi 5 tahun, WD Gold CMR HDD baru dirancang untuk digunakan dalam server kelas perusahaan dan sistem penyimpanan yang dibuat khusus untuk beban kerja yang berat dan beragam aplikasi data besar.

Melalui durasi MTBF hingga 2,5M jam, WD Gold HDD memberikan peningkatan pada keandalan dan daya tahan, teknologi perlindungan getaran yang diimprovisasi serta kinerja yang konsisten. WD Gold HDD dirancang untuk menangani beban kerja hingga 550 TB per tahun, yang merupakan salah satu yang tertinggi dari semua hard drive 3,5 inci. Drive WD Gold baru juga menampilkan teknologi HelioSeal dari Western Digital yang memungkinkan kapasitas tinggi dengan penarikan daya rendah.

Juga tersedia Western Digital Ultrastar Data60 dan Data102 JBODs serta server penyimpanan Serv60 + 8 yang telah ditingkatkan untuk memanfaatkan kapasitas 16TB skala enterprise dan 18TB Ultrastar DC HC550 CMR HDD. Mencapai 1.836PB dalam 4U, platform baru ini sekarang telah tersedia dengan garansi 5 tahun. Platform Ultrastar dengan peningkatan ke HDD SMR Ultrastar DC HC650 20TB diperkirakan akan menyusul pada kuartal berikutnya.

Ultrastar Data60 dan Data102 adalah kunci dari penyimpanan untuk generasi berikutnya dan infrastruktur SDS. Ultrastar Serv60 + 8 adalah server penyimpanan hybrid berkapasitas tinggi meliputi komputasi. Platform Ultrastar ini menjawab kebutuhan yang mendesak dari pelanggan perusahaan besar, OEM, penyedia layanan cloud dan integrator yang membutuhkan penyimpanan HDD yang padat, HDD bersama atau penyimpanan hybrid. Data60 dan Data102 memberikan fleksibilitas untuk menentukan kombinasi HDD dan SSD hingga 24 slot drive yang dikonfigurasi dengan SSD, sedangkan Serv60 + 8 menawarkan pilihan CPU, memori dan drive. Semua ini memungkinkan organisasi menyeimbangkan kapasitas, kinerja dan biaya.

Penulis: Natalia Trijaji