Seafood Kalimantan Terapkan Teknik Peternakan Ikan Modern; Ramah lingkungan

Seafood Kalimantan Terapkan Teknik Peternakan Ikan Modern; Ramah lingkungan

Seafood Kalimantan Terapkan Teknik Peternakan Ikan Modern; Ramah Lingkungan

Minim limbah, tidak menggunakan antibiotik atau obat kimia yang berbahaya bagi kesehatan

Surabaya, Kabarindo- Resto Seafood Kalimantan didirikan oleh beberapa orang yang sudah berpengalaman dan memiliki latar belakang di bidang hasil laut. Ada yang petambak udang sejak 1970-an, ada yang merupakan eksportir ikan kakap putih dan lobster, ada pula yang memiliki bisnis di Kalimantan.

Menurut Ewin, salah satu pemilik Seafood Kalimantan, nama resto ini diambil dari Kalimantan yang dikenal dengan masakan lezatnya dari hasil laut dan salah satu pemiliknya memiliki bisnis di pulau ini.

Ia menjelaskan, Seafood Kalimantan memiliki konsep fish farm. Tamu bisa melihat Recirculating Aquaculture System (RAS), suatu teknik peternakan ikan modern yang lebih ramah lingkungan karena minim limbah. Air dapat dipakai terus, karena diproses dengan filter biologis, oxygen injector, filter mekanis-biologis, UV sterilization dan lain-lain, sehingga tidak perlu membuang air kotor dan mengambil lagi air baru seperti peternakan ikan konvensional.

“Konsep RAS populer di dunia mulai 10 tahun terakhir ini dan digalakkan oleh mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti,” papar Ewin.

Ia mengatakan, peternakan ikan di Seafood Kalimantan juga tidak menggunakan antibiotik atau obat-obat kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Jadi 100% aman bagi konsumen.

“Kami menawarkan seafood dari bahan masih hidup yang diolah langsung, bukan sekadar fresh apalagi frozen. Jadi rasanya jauh lebih enak. Tamu bisa memilih sendiri ikan kerapu, kakap putih, lobster, udang, kepiting, cumi dan kerang hidup serta memilih cara memasaknya,” ujar Ewin.

Ia menambahkan, Seafood Kalimantan menerima reservasi untuk acara-acara mulai dari arisan, ulang tahun, company meeting dan lainnya serta menyajikan hidangan secara prasmanan atau set menu. Tamu bisa menikmati makanan di dalam maupun di luar ruangan (outdoor).

Ewin mengatakan, Seafood Kalimantan membidik semua kalangan. Ia optimis, resto ini akan mampu menggaet konsumen penggemar seafood. Ia tak khawatir bersaing dengan resto-resto seafood lain di Surabaya, karena memiliki keunggulan menu-menu spesial dalam ukuran jumbo.