Santika Pandegiling; Sajikan Aneka Menu dari Talas

Santika Pandegiling; Sajikan Aneka Menu dari Talas

Santika Pandegiling; Sajikan Aneka Menu dari Talas

Nasi Ubi Talas, Botokan Daun Talas dan Sambal Daun Talas Lompong

Surabaya, Kabarindo- Tanaman lompong atau talas adalah nama untuk tumbuhan yang lazim ditanam untuk dimanfaatkan umbi atau daunnya. Talas merupakan bahan makanan pokok bagi sebagian masyarakat di dunia.

Talas berasal dari kawasan Asia Tenggara yang menyebar ke Cina pada abad pertama. Di Indonesia, talas bisa dijumpai hampir di seluruh kepulauan dan tersebar mulai dari tepi pantai sampai pegunungan.

Talas bisa dimasak menjadi makanan berkuah. Yang diambil hanya batangnya yang masih muda yang mempunyai rasa manis dan pedas serta sifatnya netral. Talas juga menghasilkan umbi yang bisa direbus layaknya ketela. Umbi talas dapat dipanen setelah berumur 6-18 bulan, namun hal ini bergantung pula pada varietasnya.

Tanaman ini selain enak dikonsumsi, juga mengandung urat, lemak, karbohidrat, protein, zat besi, fosfor, kalsium, vitamin C, vitamin A dan vilamin Bl yang bermanfaat untuk tubuh. Manfaat daun talas antara lain baik untuk pencernaan, menstabilkan tekanan darah, mengurangi rasa kelelahan, memberikan cadangan energi dalam tubuh dan menyehatkan jantung.

Melihat banyak manfaat yang terdapat pada talas, Executive Chef Ervin Triana dari Hotel Santika Pandegiling Surabaya, mengolah makanan yang berbahan talas yaitu Nasi Ubi Talas, Botokan Daun Talas dan Sambal Daun Talas Lompong.

Chef Ervin menjelaskan bahan dan cara membuat Nasi Ubi Talas. Yaitu ubi talas 100 gram, kelapa parut 50 gram dan garam secukupnya. Parut ubi lalu kukus bersamaan kelapa parut. Kemudian taburi garam secukupnya dan masak hingga matang.

Ia juga menjelaskan cara membuat Botokan Daun Talas.

1. Siapkan bahannya yaitu daun talas ukuran besar 2 lembar, parutan ubi talas 50 gram. kelapa parut 50 gram bawang Bombay 2 gram, dada ayam 25 gram, batang talas atau lompong secukupnya, santan 50 ml, telur 1 butir, cabe rawit sesuai selera, daun salam, daun jeruk dan tomat secukupnya.

2. Siapkan bumbu yang akan dihaluskan yaitu bawang merah 10 gram, bawang putih 10 gram, cabe merah 50 gram, jahe 2 gram, lengkuas 2 gram, lada, garam, gula dan saus tiram secukupnya.

3. Campurkan semua bahan dan bumbu yang dihaluskan, kecuali daun talas, daun salam, daun jeruk, cabe rawit dan tomat.

5. Tuangkan semua bahan yang sudah tercampur, kemudian bungkus dan kukus sampai matang.

Cara membuat Sambal Daun Talas Lompong

1. Siapkan bahannya yaitu tempe 10 gram, batang talas 20 gram, santan 50 ml, bawang merah dan bawang putih 2 gram, cabe rawit 30 gram, kencur 2 gram, ketumbar dan jinten 2 gram, lada, daun salam dan daun jeruk, garam, gula dan saus tiram secukupnya.

2. Semua bahan tersebut direbus hingga lunak.

3. Sisihkan bawang merah, bawang putih dan cabe rawit

4. Haluskan kencur, masukkan ke dalam rebusan tempe dan batang talas. Lalu tuangkan santan.

5. Olah hingga matang

Penulis: Natalia Trijaji