Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > PT KAI Daop 8 Surabaya Operasikan 2 KA Rute Baru; Mulai 1 Desember

PT KAI Daop 8 Surabaya Operasikan 2 KA Rute Baru; Mulai 1 Desember

Ekonomi & Bisnis | Senin, 2 Desember 2019 | 18:24 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
PT KAI Daop 8 Surabaya Operasikan 2 KA Rute Baru; Mulai 1 Desember

 

PT KAI Daop 8 Surabaya Operasikan 2 KA Rute Baru; Mulai 1 Desember

KA Dharmawangsa Ekspres dan KA Sancaka Utara

Surabaya, Kabarindo- PT KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan dua kereta api (KA) relasi baru yaitu KA Dharmawangsa Ekspres relasi Surabaya Pasar Turi – Pasar Senen (Jakarta) PP dan KA Sancaka Utara relasi Surabaya Pasar Turi - Bojonegoro – Gambringan – Solo Balapan – Kutoarjo PP.

Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, mengatakan pengoperasian 2 KA tersebut untuk mengakomodir keinginan masyarakat wilayah utara Jawa Timur dari Surabaya, Bojonegoro hingga Blora.

Kedua KA baru tersebut mulai beroperasi pada 1 Desember 2019 seiring dengan KAI memberlakukan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2019 yang baru. Kebijakan pemberlakuan Gapeka tersebut ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan nomor KP 1781 Tahun 2019 tentang Penetapan Grafik Perjalanan KA Tahun 2019 PT KAI (Persero).

KA Dharmawangsa Ekspres dijadwalkan berangkat dari Stasiun Surabaya Pasar Turi pukul 22.35 WIB dan tiba di Stasiun Pasar Senen pukul 09.47 WIB. Rangkaian KA Dharmawangsa terdiri dari 3 gerbong kereta eksekutif dan 6 gerbong kereta ekonomi dengan kapasitas total 786 tempat duduk. Harga tiket KA Dharmawangsa Ekspres untuk kelas eksekutif mulai Rp 350.000 - Rp 530.000, untuk kelas ekonomi mulai Rp130.000 - Rp160.000.

“KA Dharmawangsa Ekspres relasi Surabaya Pasar Turi - Pasar Senen (Jakarta) akan berhenti di 16 stasiun seperti Lamongan, Babat, Bojonegoro, Cepu dan seterusnya,” ujar Suprapto.

Sedangkan untuk KA Sancaka Utara relasi Pasar Turi - Kutoarjo PP dijadwalkan berangkat dari Surabaya Pasar Turi pukul 07.00 WIB dan tiba di Stasiun Kutoarjo pukul 14.07 WIB. Rangkaian KA Sancaka Utara terdiri dari 4 gerbong kereta kelas eksekutif dan 4 gerbong kereta kelas bisnis dengan kapasitas total 456 tempat duduk. Harga tiket KA Sancaka Utara kelas eksekutif mulai Rp 230.000 - Rp 360.000, sedangkan untuk kelas bisnis mulai Rp.150.000 – Rp.240.000.

KA Sancaka Utara relasi Pasar Turi- Kutoarjo akan berhenti di 15 stasiun seperti Lamongan, Babat, Bojonegoro, Cepu dan seterusnya. Rute KA ini dimulai dari Stasiun Pasar Turi melalui stasiun di jalur utara hingga Gambringan, lalu berbelok melalui jalur tengah seperti melalui Stasiun Gundih selanjutnya akan muncul pada jalur selatan di Stasiun Solo Balapan hingga stasiun akhir yaitu Stasiun Kutoarjo.

Kehadiran 2 KA baru tersebut diharapkan bisa meningkatkan mobilitas masyarakat di pesisir utara Jawa Timur menuju Jawa Tengah hingga ke arah Jakarta. Juga diharapkan bisa meningkatkan roda perekonomian melalui sektor pariwisata dan pendidikan. Hal ini mengingat KA Sancaka Utara menghubungkan kota - kota destinasi wisata di jalur selatan yang sudah terkenal seperti Jogyakarta dan Solo, menuju tempat destinasi wisata wilayah utara seperti Cepu, Bojonegoro dan Lamongan.

“Kehadiran KA Dharmawangsa Ekspres dan KA Sancaka Utara diharapkan bisa menjadi momentum kebangkitan roda perekonomian masyarakat di wilayah utara Jatim. Dengan kelancaran akses mobilitas masyarakat, maka pengembangan sektor perekonomian, pendidikan hingga pariwisata bisa segera terwujud,” ujar Suprapto.

Masyarakat dapat memesan tiket 2 KA baru tersebut di loket stasiun, minimarket hingga layanan online berbasis aplikasi seperti KAI Accsess dan website resmi KAI.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER