Paranoise, People Film & The Adams Berkolaborasi; dalam Workshop Melantur

Paranoise, People Film & The Adams Berkolaborasi; dalam Workshop Melantur

Paranoise, People Film & The Adams Berkolaborasi; dalam Workshop Melantur

Proses pembuatan film mulai dari tahap pre-produksi, produksi hingga post-produksi

Surabaya, Kabarindo- Paranoise bersama People Film dan band The Adams membuat proyek kolaborasi dalam workshop berjudul Melantur Tanpa Meluntur yang dikemas mencakup proses pembuatan film mulai dari tahap pre-produksi, produksi dan post-produksi.

Mutiara, Media Relations dari People Film, mengatakan itu merupakan workshop pertama yang diikuti oleh 42 peserta dari kalangan mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta di Surabaya. Mereka mendapat materi mengenai hal-hal penting yang harus dipersiapkan dalam proses pre-produksi sebuah film.

Materi dibawakan oleh tiga pembicara yaitu Ramadhan Firman yang mengusung tema manajemen produserial sebagai pembuka workshop, Ando Loekito dari Ampersound Post yang mengulik mengenai audio dan music score dalam film dan ditutup oleh Takun Arrosid sebagai guest speaker yang membahas mengenai proses ide kreatif secara umum serta penjelasan cerita. Takun Arrosid menjadi sutradara di balik pembuatan musik video milik Raisa berjudul Lagu Untukmu.

Seusai workshop, para peserta mengikuti tahap screening portofolio dan CV. Peserta yang lolos dibentuk ke dalam dua tim untuk menjalani tahapan kedua yaitu produksi. Kedua tim menggarap film pendek yang diadaptasi dari lagu berjudul Pelantur milik The Adams. Berbekal materi yang telah mereka dapatkan melalui workshop pertama, para peserta mulai mengeksekusi ide-ide kreatif ke dalam naskah lalu berlanjut ke proses produksi atau syuting selama dua hari pada 17-18 November 2019.

Mutiara menjelaskan, lagu Pelantur milik The Adams menjadi ide besar pembuatan film pendek, karena esensi dari lagu tersebut menggambarkan realita yang sering terjadi saat ini. Liriknya menggambarkan kebanyakan orang yang suka berbicara tanpa landasan kuat dan merasa dirinya paling benar. Hal ini membuat orang tidak dapat membuka pikiran untuk mendengar maupun menerima pendapat orang lain.

Lirik dalam lagu Pelantur sekaligus menjadi media bagi The Adams mengajak para pendengarnya untuk selalu meluangkan waktu untuk berpikir, membuka mata dan melihat sekitar. Masih ada waktu dan banyak hal yang perlu engkau tahu dan tidak menjadi pelantur,” ujarnya.

Dalam proses produksi, para peserta mendapatkan bimbingan dan pengawasan secara intensif dari kru People Film. Mereka juga mendapatkan kebutuhan set alat syuting yang didukung oleh KJ Multimedia.

Hasil akhir dari film pendek tersebut akan ditayangkan pada puncak rangkaian workshop project People Film X The Adams yaitu Co-Creation pada 25 November 2019. Juga akan ada diskusi bedah produksi, match making yang dihadiri oleh para videografer andal di Surabaya dan pentas musik.

Penulis: Natalia Trijaji