Granostic Center Berikan Layanan Saliva Based RT-PCR; Buka 24 Jam

Granostic Center Berikan Layanan Saliva Based RT-PCR; Buka 24 Jam

Granostic Center Berikan Layanan Saliva Based RT-PCR; Buka 24 Jam

Merespon kebutuhan masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan sewaktu-waktu

Surabaya, Kabarindo- Masyarakat Surabaya yang ingin melakukan medical check-up sewaktu-waktu kini bisa melakukannya di Granostic Center yang buka 24 jam setiap hari.

Menurut Manager Granostic Center, dr. May Fanny, Sp.PK., pihaknya memberikan layanan 24 jam untuk merespon kebutuhan masyarakat yang perlu melakukan pemeriksaan secara mendadak.

“Pembatasan jumlah penerimaan pasien di berbagai layanan kesehatan pada masa pandemi menjadi hambatan masyarakat dalam melakukan medical check up. Juga banyak orang yang mungkin sibuk dan tak sempat ke lab. klinik pada jam kerja. Lab. umumnya kan tutup setelah malam. Nah, kami bisa melayani,” ujarnya.

dr. May mengatakan, pada masa pandemi ini, banyak orang yang membutuhkan medical check-up, screening dan diagnostic covid-19 dalam waktu cepat. Memahami kondisi ini, Granostic Center siap memenuhi kebutuhan tersebut, termasuk diagnostic covid-19 dengan berbagai pilihan tes.

“Misalnya orang perlu melakukan Swab Antigen atau PCR mendadak karena akan ke luar kota, bisa ke sini,” ujarnya.

dr. May menjelaskan, Granostic Center menghadirkan gold standard diagnosis covid-19, yaitu Swab Antigen, Antibodi S-RBD dan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) dengan sample melalui hidung dan tenggorokan. Hasil Swab Antigen bisa diperoleh dalam waktu 19 menit setelah pemeriksaan, sedangkan hasil RT-PCR dalam waktu 24 jam.

Granostic Center mempunyai metode terbaru Saliva Based RT-PCR dengan menggunakan sampel air liur yang lebih mudah, lebih nyaman dan lebih cepat dengan akurasi yang tinggi. Pasien harus berpuasa 1 jam sebelumnya. Pemeriksaan dilakukan melalui air ludah yang ditampung sebanyak 1 ml dalam tabung. Hasilnya bisa diketahui dalam waktu 24 jam dengan akurasi lebih dari 96%. Metode ini cocok untuk anak-anak atau mereka yang tidak nyaman jika melakukan pemeriksaan dengan pengambilan sampel melalui hidung dan tenggorokan.

Bagi penyintas Covid-19, masyarakat yang sudah vaksin dan yang ingin melakukan donor plasma, bisa melakukan pemeriksaan anti bodi aktif yaitu Antibodi S-RBD (Receptor Bidding Domain). Hasilnya bisa dilihat dalam waktu 6 jam saja.

Granostic Center juga menawarkan home service dan office service yang memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin dilayani di rumah serta perusahaan yang ingin melakukan pemeriksaan bagi staf dan karyawan di kantor.

Granostic Center didirikan pada 2007 dan pada Maret 2021 menjadi salah satu layanan laboratorium jejaring Kortex yang menggunakan kecanggihan teknologi serta memberikan hasil laboratorium yang akurat dan cepat.

Penulis: Natalia Trijaji