Golden Tulip Legacy Surabaya Sajikan Nasi Nusantara; Sambut HUT ke-74 Republik Indonesia

Golden Tulip Legacy Surabaya Sajikan Nasi Nusantara; Sambut HUT ke-74 Republik Indonesia

Golden Tulip Legacy Surabaya Sajikan Nasi Nusantara; Sambut HUT ke-74 Republik Indonesia

Sajikan menu nasi dari berbagai daerah dan minuman merah putih

Surabaya, Kabarindo- Menyambut HUT ke-74 Republik Indonesia, Golden Tulip Legacy Surabaya menyajikan kuliner spesial selama Agustus. Hotel ini menyajikan Nasi Nusantara berupa menu nasi dari berbagai daerah di Indonesia.

“Kami sengaja menyajikan kuliner tradisional beragam menu nasi dalam rangka merayakan hari kemerdekaan RI ke-74. Ini juga untuk memperkenalkan menu nasi dari berbagai daerah. Indonesia kan dikenal kaya akan menu khas yang lezat dari berbagai daerah,” ujar Maya Puspita, Marketing Communication Golden Tulip Legacy Surabaya.

Kuliner Nasi Nusantara merupakan hasil kreasi Chef de Partie Soegianto bersama tim dapur hotel tersebut. Ia menjelaskan, Nasi Nusantara disajikan secara rotasi mulai Senin-Kamis saat makan siang. Setiap hari ada 5 menu. Misalnya hari ini tersedia Nasi Campur, Nasi Gudeg Jogja, Nasi Gandul dari Pati, Nasi Padang dan Nasi Lemak dari Melayu. Besok berganti 5 menu nasi lainnya, misalnya Nasi Kuning Jawa, Nasi Lengo Pantura, Nasi Tempong dari Banyuwangi, Nasi Lawar Ayam dan lainnya. Begitu seterusnya.

“ Kami ingin memberikan pengalaman menikmati cita rasa kuliner Nusantara kepada para tamu. Ternyata mereka suka. Yang menjadi favorit adalah Nasi Gandul dan Nasi Padang,” ujar Chef Soegianto.

Ia menuturkan, banyak tamu yang baru pertama kali menyantap menu nasi dari suatu daerah. Misalnya Nasi Ulam, Nasi Minyak dari Padang yang dulu merupakan makanan khas keluarga raja. Nasi ini dimasak dengan rempah-rempah dan lauk daging. Ada pula nasi yang dibungkus daun pisang.

Menyantap nasi rasanya kurang afdol tanpa sambal. Maka juga disediakan bermacam sambal, di antaranya sambal kecap, sambal kacang, sambal hijau, sambal terasi dan sambal tempe. Selain beragam menu nasi, tak ketinggalan disajikan hidangan pembuka dan penutup seperti Asinan Bogor, rujak, aneka jajan pasar dan gorengan sebagai pelengkap. Tamu dimanjakan oleh bermacam pilihan dan tinggal memilih sesuai selera.

Untuk minuman pendamping makanan, Golden Tulip menyajikan dua minuman spesial kreasi Captain Bartender Andika yaitu Jus Merah Putih dan Gelato Merah Putih.

“Saya kreasikan minuman warna merah putih seperti warna bendera Indonesia. Ini untuk menyambut hari kemerdekaan. Paduan warna maupun rasanya segar, manis, ada sedikit asamnya,” ujarnya.

Andika menjelaskan, Jus Merah Putih terbuat dari buah stroberi dan sirsak. Sirsak diblender lebih dulu dengan sedikit air, es batu dan gula cair lalu dituangkan ke dalam gelas tinggi. Kemudian blender sirsak dan dituangkan di atasnya, maka tersusun warna merah putih yang cantik.

Sedangkan Gelato Merah Putih terbuat dari gelato rasa vanila dan buah stroberi. Tuangkan gelato ke dalam gelas es krim, lalu taruh stroberi di atasnya. Sebelum menikmatinya, tuangkan jus stroberi ke atas gelato. Hmm...

Penulis: Natalia Trijaji