Film Anak Negeri Megalith: Tontonan Ramadhan Yang Inspiratif

Film Anak Negeri Megalith: Tontonan Ramadhan Yang Inspiratif

Karya Sineas Amir Gumay

 

XXI Bassura, Jatinegara,  Jakarta,  KABARINDO-Portal- Seragam TNI Perwira dari adik Zainal (Fauzi Baadilah) bernama Amran (Guntur P) disaksikan oleh kakaknya Hilda ia kenakan ke kakaknya Zainal karena atas jerihpayahnya sebagai tukang becak dan buruh pasar, ia berhasil menjadi perwira TNI.

Yah,  redaksi baru saja menyaksikan film terinspirasi dari kisah yang ada dari Kabupaten Lahat Sumatera Selatan yang terkenal dengan pesona Megalith sebagai objek wisata GeoTourism. 

Sumatera Selatan memiliki potensi wisata yang mengagumkan, khususnya wisata sejarah yang ada di Kabupaten Lahat. Di wilayah ini, terhampar jejak peradaban megalitikum yang paling banyak di nusantara.

Berada di dataran Pasemah, yakni dataran tinggi bagian Selatan Sumatera yang membentang mulai Pagar Alam, Lahat dan Empat Lawang, Lahat diyakini sebagai pusat pemukiman masa pra sejarah di Sumatera.

Ayu Kusumawati dan Haris Sukendar dalam bukunya Megalitik Bumi Pasemah menyebutkan, peninggalan situs megalitik di Pasemah menunjukkan kawasan ini telah dihuni manusia setidaknya ribuan tahun sebelum Masehi.  

Situs megalitik berupa pahatan detail dan halus yang ada di kawasan ini mengindikasikan masyarakat Besemah (Pasemah) saat itu sudah mengenal logam. Jelaslah bahwa peninggalan megalitik Besemah sudah ada pada masa perundagian atau lebih kurang 2.500 tahun sebelum Masehi seperti dilansir dari laman timesindonesia. 

Karya Amir Gumay disokong oleh Pemkab Lahat dengan hadirnya Bupati dalam scene yang membantu beri beasiswa ke Amran sehingga sukses raih cita-citanya.

Drama keluarga melatarbelakangi sehingga redaksi ingin ke Lahat untuk menyaksikannya sendiri. 

"Saya bersyukur dan teringat kampung halaman Lahat dan situs Megalith itu adalah tempat bermain kami saat SD, semua terekam indah dan karakter Amran dan Zainal sangat berbekas dihati saya, " ucap Ria yang bersama ibunya yang berkesempatan nonton bersama redaksi di xxi Bassura sebagai aktivitas ngabuburit bersama sang suami dan ketiga anaknya. 

Ria bangga dengan Lahat dan ia sumringah memperlihatkan kepada suami dan anak-anaknya. 

Film ini diperkuat oleh aktor senior Fuad Idris dan Elma Theana dan Pong Hardjatmo dengan DOP Rizky Dwipanca dengan music scoring Areng Widodo yang membantu indahnya film yang menginspirasi tentang pentingnya membantu anak bersekolah raih cita-cita.

Benning Pictures sebagai PH meninggalkan legacy atas dramaturgi anak Lahat capai cita dan mimpinya. 

Redaksi mengingatkan pemerintah akan pentingnya membantu promo film-film seperti ini.


Maju terus Film Indonesia!