Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hiburan > Yang Perlu Diketahui; Seputar Pembayaran Online yang Aman

Yang Perlu Diketahui; Seputar Pembayaran Online yang Aman

Hiburan | Rabu, 12 Desember 2018 | 17:34 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Yang Perlu Diketahui; Seputar Pembayaran Online yang Aman

Yang Perlu Diketahui; Seputar Pembayaran Online yang Aman

Tips melindungi transaksi pembayaran ketika membeli barang dari sumber-sumber yang tidak dikenal

Surabaya, Kabarindo- Makin banyak orang yang menghabiskan lebih banyak waktu di dunia online. “Menghabiskan” di sini memiliki arti yang harfiah, terlihat dari meningkatnya penjualan online hingga 18,1% dibandingkan holiday shopping dari tahun 2016 ke 2017.

Saat kita belanja apa saja, mulai dari hadiah pernikahan yang unik, membeli tiket konser atau sekedar mentransfer uang secara online kepada keluarga atau teman, inilah saat yang tepat untuk berbagi tips melindungi transaksi pembayaran ketika membeli barang dari sumber-sumber yang tidak dikenal.

1.Gunakan kartu kredit atau debit agar transaksi anda diproteksi secara penuh oleh perlindungan liabilitas terhadap penipuan.

Anda dapat berbelanja dengan tenang saat mengetahui bahwa anda tidak harus bertanggung jawab atas pembelian yang tidak sah atau tidak disetujui, baik secara online, melalui telepon maupun secara langsung di toko.

2. Orang asing memiliki potensi bahaya (online).

Hanya karena seseorang mengaku memiliki selera musik, tim bola favorit atau film yang sama dengan anda saat membeli tiket secara online, jangan berasumsi bahwa anda dapat langsung mempercayai orang asing tersebut. Pastikan anda tetap menggunakan saluran pembayaran yang aman saat tidak mengenal penjualnya.

3. Gunakan dompet digital

Dompet digital menawarkan perlindungan yang sama dengan kartu kredit ataupun debit. Informasi akun anda tidak akan dibagikan saat melakukan pembelian. Setiap transaksi akan mendapatkan nomor atau kode unik acak, sehingga data sensitif anda akan tetap terlindungi saat proses transaksi berlangsung hingga selesai.

4. Baca ulasan

Banyak pasar daring (online marketplace) yang memungkinkan pembeli untuk memberikan ulasan tentang pengalaman berbelanja mereka. Ulasan-ulasan tersebut dapat membantu anda jika seorang penjual sering mendapat keluhan dari pembeli sebelumnya.

5. Daftarkan diri untuk menerima peringatan pencurian identitas

Beberapa bank menyediakan layanan kontrol dan peringatan. Jika bank anda tidak memilikinya atau jika anda menginginkan keamanan tambahan, Mastercard dapat membantu menjaga informasi pribadi anda tetap aman. Manfaat ini tidak dikenakan biaya tambahan dan dapat membantu mendeteksi serta menyelesaikan kasus pencurian identitas dengan bantuan ahli yang bersiaga selama 24/7, serta memungkinkan penggantian dompet digital pada situasi darurat. Anda juga dapat mendaftarkan diri pada ID Theft Alerts yang akan memberikan notifikasi berupa SMS atau email jika data pribadi anda sedang dibeli atau dijual secara online.

6. Selalu periksa catatan kredit anda

Memeriksa catatan kredit anda sering kali menjadi satu-satunya cara untuk mengetahui apakah identitas anda atau nomor jaminan sosial anda telah dipakai secara semena-mena. Segera atasi bila anda menemukan masalah tersebut.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER