Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > Umma; Sediakan Fitur Khusus Ibadah #diummaaja

Umma; Sediakan Fitur Khusus Ibadah #diummaaja

Iptek | Rabu, 13 Mei 2020 | 17:05 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Umma; Sediakan Fitur Khusus Ibadah #diummaaja

Umma; Sediakan Fitur Khusus Ibadah #diummaaja

Obati rindu umat muslim terhadap majelis ilmu saat Ramadhan

Surabaya, Kabarindo- Ada yang baru di aplikasi umma! Platform media sosial umat Islam ini menghadirkan beberapa fitur spesial untuk membantu umat muslim Indonesia memaksimalkan ibadah dari rumah, terlebih sepanjang Ramadhan 1441 H.

Wabah COVID-19 telah banyak mengubah sendi-sendi kehidupan masyarakat Indonesia. Pemerintah telah menganjurkan untuk bekerja, belajar dan beribadah dari rumah. Karena itu, umma menawarkan dukungan kemudahan bagi umat Islam dalam beribadah, belajar, berinteraksi serta berbagi informasi selama Ramadhan.

Co-Founder dan CEO umma, Indra Wiralaksmana, mengatakan kondisi saat ini tidak memungkinkan dilakukannya pertemuan langsung di tempat-tempat umum. Dari hasil pengamatan sejak imbauan menjaga jarak dimulai, pengguna umma merindukan kajian-kajian majelis ilmu.

“Sesuai misi kami, umma siap membantu umat muslim Indonesia untuk terus menjadi muslim yang lebih baik (khairu ummah) melalui pemanfaatan teknologi untuk beribadah selama di rumah,” ujarnya.

Selain fitur penunjang ibadah utama seperti jadwal salat, penunjuk arah kiblat berbasis GPS dan Al-Qur’an, umma menyiapkan beberapa fitur spesial untuk memaksimalkan ibadah umat muslim di rumah selama Ramadhan yaitu:

Fitur Jurnal Ibadah Harian

Ini adalah fitur pengingat bagi pengguna umma untuk melakukan kegiatan ibadah sehari-hari. Umma juga meluncurkan fitur penanda pencapaian ibadah (lencana) berdasarkan aktivitas pengguna di dalam aplikasi. Untuk mendapatkan masing-masing lencana, pengguna harus menyelesaikan misi ibadah seperti membaca Al-Qur’an selama 30 menit dalam 5 hari berturut-turut. Untuk menghidupkan semangat Ramadhan, hadir berbagai misi lain seperti pembuatan kartu ucapan elektronik di dalam aplikasi untuk dibagikan kepada orang lain melalui media sosial.

Fitur Klinik Baca Al-Qur'an

Untuk lebih menyemarakkan Ramadhan di rumah, umma juga mengadakan program One Day One Juz setiap waktu berbuka puasa di aplikasi. Melalui Klinik Tahsin Baca Qur’an, pengguna dapat mengecek kaidah pembacaan Al-Qur’an secara tartil, tajwid dan sesuai makhorijul huruf (ejaan huruf) untuk bacaan ayat-ayat tertentu. Cukup kirim rekaman pembacaan Al-Qur’an melalui fitur unggah video, ustaz yang ada di umma akan memberikan evaluasi yang dapat dijadikan bahan belajar membaca Al-Qur’an oleh semua pengguna.

Fitur Live Streaming Kajian di umma

Mengurangi rasa rindu untuk hadir di majelis ilmu atau pesantren kilat yang biasanya dilakukan setiap Ramadhan, umma menghadirkan fitur Live Streaming. Fitur siaran langsung kajian ini memfasilitasi pengguna umma untuk berdiskusi maupun bertanya-jawab dengan ustaz langsung dari aplikasi. Materi akan disampaikan oleh ustaz berpengalaman melalui fitur Live Streaming pada waktu sahur dan menjelang buka puasa.

Meskipun tidak dapat menggantikan silaturahmi tatap muka sepenuhnya, lewat ketiga fitur spesial #diummaaja, umma berharap dapat turut menghidupkan suasana Ramadhan dalam kondisi yang tidak seperti biasanya.

Sejak diluncurkan pada April 2019, aplikasi umma telah diunduh oleh lebih dari 8 juta pengguna dengan pertumbuhan pengguna aktif mencapai 400% sejak Ramadhan tahun lalu.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER