Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > TNI dan Tentara Timor Leste Patroli Bersama Cek Patok Perbatasan NTT

TNI dan Tentara Timor Leste Patroli Bersama Cek Patok Perbatasan NTT

Berita Utama | Senin, 6 Mei 2024 | 19:50 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
TNI dan Tentara Timor Leste Patroli Bersama Cek Patok Perbatasan NTT

KABARINDO, NTT - Jajaran TNI dari Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Batalyon Kavaleri (Yonkav) 6/Naga Karimata dan tentara Timor Leste dari Unidade de Patrulhamento da Fronteira (UPF) melakukan patroli bersama mengecek patok-patok di perbatasan Indonesia-Timor Leste di Desa Haumeniana, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur.


Pusat Penerangan (Puspen) TNI dalam siaran resmi yang dikonfirmasi di Jakarta, Senin, melaporkan patroli terintegrasi antara TNI dan UPF Timor Leste merupakan kegiatan rutin pasukan pengamanan perbatasan dua negara yang umumnya dilakukan setiap 6 bulan sekali.

Patroli teranyar yang dilakukan Satgas Pamtas Yonkav 6/Naga Karimata dan UPF Timor Leste berlangsung pekan terakhir April 2024, yang juga diikuti dengan kegiatan rapat bersama (border meeting) antara dua pasukan.

Rapat itu membahas perkembangan situasi sekaligus potensi ancaman yang mungkin terjadi di sepanjang perbatasan Indonesia-Timor Leste terutama di kawasan sekitar Desa Haumeniana.

Dalam rapat yang dipimpin oleh Dansatgas Pamtas Yonkav 6/Naga Karimata Letkol Kav Ronald Tampubolon dan Dansatgas UPF Superintendente Ecolido Belo itu, pasukan dari dua negara juga bertukar informasi mengenai situasi di perbatasan sekaligus membahas peningkatan kerja sama pengamanan ke depan.

Dansatgas UPF, sebagaimana dikutip dalam siaran resmi Puspen TNI, yakin kegiatan patroli bersama dan rapat yang secara khusus membahas perbatasan dapat mengoptimalkan pengamanan di perbatasan Indonesia-Timor Leste.

“Patroli Patok merupakan kegiatan terpadu yang dilaksanakan untuk meningkatkan keamanan di daerah perbatasan. Kolaborasi ini akan berdampak positif bagi dua belah pihak,” kata Dansatgas UPF.

Indonesia dan Timor Leste berbagi perbatasan darat yang terbagi atas Sektor Timur di Kabupaten Belu yang berbatasan dengan Distrik Covalima dan Sektor Barat di Kabupaten Kupang dan Kabupaten Timur Tengah Utara (TTU) yang berbatasan dengan Distrik Oecusse. Daerah perbatasan darat dua negara itu sebagian besar merupakan wilayah dataran tinggi seperti pegunungan dan perbukitan, juga ada sungai-sungai.

Dalam beberapa tahun terakhir, prajurit dari Batalyon Kavaleri 6/Naga Karimata bertugas menjaga wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste yang tergabung dalam Satgas Pamtas Yonkav 6/Naga Karimata.

Di perbatasan, Satgas Pamtas Yonkav 6/Naga Karimata tidak hanya rutin berpatroli, tetapi juga menggelar bakti sosial dan pembinaan teritorial lainnya yang bertujuan mendekatkan diri antara pasukan dan masyarakat.

Beberapa kegiatan pembinaan teritorial yang digelar Satgas Pamtas Yonkav 6/Naga Karimata di perbatasan selama sepekan terakhir mencakup membantu masyarakat memperbaiki gereja, rumah-rumah warga, sampai membantu masyarakat di perbatasan panen raya.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER