Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hukum & Politik > TNI AL Tangkap 47 ABK yang Nekat Mencuri 31 Ton Batubara

TNI AL Tangkap 47 ABK yang Nekat Mencuri 31 Ton Batubara

Hukum & Politik | Rabu, 19 Januari 2022 | 07:20 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
TNI AL Tangkap 47 ABK yang Nekat Mencuri 31 Ton Batubara

KABARINDO, SAMARINDA - Unsur Patroli Pangkalan TNI AL Balikpapan menangkap 47 anak buah kapal (ABK) serta barang bukti delapan kapal motor (kelotok), dan 31 ton batubara diduga hasil tindak pencurian tongkang batu bara di daerah Muara Kembang Buoy 17 Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim).

Seperti diungkaplkan  Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Balikpapan Kolonel Laut (P) Siswo Widodo di Samarinda, Selasa (18/1/2022), bahwa kegiatan penangkapan ini merupakan tindakan tegas, melihat perkembangan situasi nasional akan kebutuhan terhadap batu bara

Dijelaskannya lagi, pelaku pencurian merupakan masyarakat lokal dan sebagian pendatang yang bekerja sebagai cleaning tongkang batu bara yang selesai muat dari vessel dan proses kembali.

Kegiatan cleaning tersebut merupakan kearifan lokal yang sudah sejak lama turun temurun dan dijadikan sebagai mata pencaharian yang hasilnya akan mereka tumpuk dan jual kembali ke perusahaan-perusahaan batu bara.

"Namun, kali ini diakibatkan terdesak pemenuhan biaya kebutuhan sehari-hari karena sudah kurang lebih dua minggu tidak ada muatan sehingga mereka nekat melakukan pencurian," terangnya.

Lanjut Siswo, saat ini seluruh kapal motor dan kru telah disandarkan di Pos Angkatan Laut (Posal) Anggana yang merupakan Posal terdekat dari lokasi untuk tindak lanjutnya.

Danlanal Balikpapan yang memimpin langsung unsur yang melaksanakan operasi penyergapan sebanyak tiga speed dari Posal Anggana dan Posmat Muara Pegah untuk menyergap pelaku pencurian yang sedang beraksi memindahkan batu bara dari tongkang ke kapal motor.

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari berita video viral mengenai pencurian batu bara serta mendukung kebijakan pemerintah yaitu 25 persen batu bara untuk lokal.

Pada Senin malam sekitar pukul 21.10 WITA, Unsur Patroli Lanal Balikpapan berhasil menangkap dan mengamankan pelaku pencurian batu bara. Kegiatan penangkapan ini didahului kegiatan patroli intensif secara terus menerus mulai pagi, siang, hingga malam hari.

Hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya Pasintel Lanal Balikpapan Mayor Laut (S) Arfin Trimedianto, Danunit Lanal Balikpapan Kapten Mar Arif Simamora, Dankal Sepinggan Lettu Laut (P) Dedy, Danposmat Muara Pegah Pelda Sudarno beserta seluruh unsur patroli.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER