Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Tips Meningkatkan Self Love untuk Hidup yang Lebih Bahagia

Tips Meningkatkan Self Love untuk Hidup yang Lebih Bahagia

Gaya hidup | Senin, 21 Februari 2022 | 21:43 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Tips Meningkatkan Self Love untuk Hidup yang Lebih Bahagia

Tips Meningkatkan Self Love untuk Hidup yang Lebih Bahagia

Pentingnya mengelola rasa cinta dan apresiasi untuk diri sendiri melalui berbagai cara

Surabaya, Kabarindo- Perubahan yang terjadi secara pesat dalam kehidupan sehari-hari beberapa tahun terakhir ini menjadi tantangan tersendiri yang membawa banyak ketidakpastian bagi masyarakat.

Selain menghadapi situasi pandemi yang tidak menentu, setiap hari kita juga harus tetap menjalani berbagai tuntutan peran dan tanggung jawab yang berbeda seperti belajar, bekerja maupun mengurus rumah yang kadang membuat seseorang menjadi lupa untuk merawat diri serta memberikan penghargaan terhadap diri sendiri atas kerja keras dan pencapaian yang telah diraih.

Padahal meluangkan waktu untuk merawat diri adalah hal yang penting untuk tetap diperhatikan. Banyak cara dapat kita lakukan untuk menghilangkan stres dan menyenangkan diri sendiri, agar kita memiliki mindset yang positif dan lebih termotivasi dalam beraktivitas.

Cantika Abigail, aktris dan musisi, mengatakan self love penting kita miliki agar bisa lebih menerima dan menghargai diri sendiri. Kita juga dapat lebih mengenal dan mencintai diri dengan melakukan berbagai kegiatan yang kita sukai, seperti olahraga, nonton film ataupun memberikan self reward sebagai bentuk terima kasih kepada diri sendiri.

Inez Kristanti, clinical psychologist, menambahkan kita sebaiknya melihat self-love sebagai sebuah perjalanan, bukan tujuan. Karena sepanjang perjalanan hidup, kita mungkin akan mempelajari cara-cara baru untuk menerima hal-hal dalam diri kita yang tidak bisa diubah, sambil terus berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

“Penghargaan dan rasa cinta terhadap diri sendiri merupakan suatu hal yang penting dimiliki oleh seseorang sebagai penyeimbang terhadap padatnya tanggung jawab serta tuntutan peran sehari-hari. Berbagai upaya bisa kita lakukan sebagai bentuk terima kasih terhadap diri sendiri, salah satunya adalah memberikan self reward yang sesuai dengan kemampuan kita,” ujar Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia.

Berikut tips yang dapat meningkatkan rasa cinta terhadap diri sendiri

Mendengarkan dan menanggapi kebutuhan diri sendiri

Cara untuk menerapkan self love berbeda pada setiap orang. Karena itu yang perlu dilakukan saat mulai membangun rasa cinta terhadap diri sendiri adalah dengan mencoba untuk mendengarkan dan menanggapi kebutuhan diri.

“Kita bisa mulai dari mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kita, mimpi dan harapan, kegiatan favorit dan yang paling penting, apa yang membuat kita merasa senang. Tujuannya untuk menentukan apa saja yang bisa kita lakukan untuk memberikan apresiasi kepada diri sendiri sebagai bentuk dari self love,” ujar Inez.

Berani berkata tidak untuk hal-hal yang tidak bisa disanggupi

Setiap orang punya hak untuk berkata tidak kepada diri sendiri ataupun orang di sekitar. Sayangnya, kita sering merasa kesulitan untuk berkata tidak, karena enggan menyakiti hati orang lain. Namun perlu diingat kita juga memiliki batas, tanggung jawab dan kepentingan yang perlu dituntaskan. Jadi jangan lagi takut untuk menolak permintaan dari seseorang dan belajarlah bersikap tegas demi kebaikan diri sendiri. Bantulah orang lain saat kamu merasa mampu, entah itu berupa jasa atau finansial.

Siapkan waktu me time, tidak harus banyak, yang penting berkualitas

Ditengah kesibukan sehari-hari, kita sering kali merasa lelah dengan berbagai tekanan ataupun rutinitas yang berulang. Jika terus dibiarkan, hal ini bisa mengakibatkan stres dan burnout. Maka itu, kita perlu meluangkan waktu untuk diri sendiri atau yang sering disebut dengan me-time. Dengan meluangkan sedikit waktu turn-off untuk melakukan hal-hal yang disukai, kita bisa melepas penat dan mengembalikan mood sehingga bisa lebih semangat dalam menjalani hari.

Menerima hal-hal yang tidak bisa kita ubah, tetapi juga berani mengambil langkah untuk hal-hal yang masih bisa kita usahakan

Walaupun sudah berusaha semaksimal mungkin, kadang kita masih sering dikecewakan oleh realita, dan berakhir menyalahkan hingga membenci diri sendiri. Saat hal tidak berjalan sesuai rencana, sebaiknya kita berusaha untuk berlapang dada dan mengubah mindset dengan menerima bahwa memang ada beberapa hal di luar kendali dan tidak bisa diubah. Bukan berarti kita menjadi cepat menyerah. Kita harus tetap optimis dan percaya bahwa akan ada hal baik lainnya yang bisa diusahakan untuk menjadi kenyataan.

Foto: koinworks.com


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER