Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Internasional > Temukan Harta Karun di Mont Blanc, Pendaki Prancis Diberi Rp. 2 Milyar Lebih

Temukan Harta Karun di Mont Blanc, Pendaki Prancis Diberi Rp. 2 Milyar Lebih

Internasional | Minggu, 5 Desember 2021 | 22:38 WIB
Oleh : Hauri Yan

BAGIKAN :
Temukan Harta Karun di Mont Blanc, Pendaki Prancis Diberi Rp. 2 Milyar Lebih

KABARINDO, Chamonix - Pendaki Prancis yang delapan tahun lalu tidak sengaja menemukan harta karun berupa zamrud, rubi, dan safir yang terkubur di gletser Mont Blanc, Prancis, akhirnya mendapat bagian sebesar kurang lebih sekitar 150.000 euro (Rp. 2.442.234.000) akhir pekan ini.

Saat ditemukan sang pendaki, batu-batu berharga itu masih tersembunyi di dalam kotak logam yang ada di pesawat India yang jatuh di lanskap terpencil sekitar 50 tahun sebelumnya.

Dua pesawat Air India jatuh ke Mont Blanc pada 1950 dan 1966.

Pada September 2012, India mengambil sekantong surat diplomatik dari Kangchenjunga, sebuah Boeing 707 yang terbang dari Mumbai yang jatuh di sisi barat daya Mont Blanc pada 24 Januari 1966.

Kecelakaan itu menewaskan 117 orang termasuk pelopor program nuklir India, Homi Jehangir Bhabha.

Pihak berwenang percaya bahwa batu-batu berharga itu kemungkinan besar berasal dari penerbangan yang sedang dalam perjalanan dari Mumbai ke New York.

"Batu-batu itu telah dibagikan minggu ini" dalam dua lot yang sama senilai masing-masing sekitar 150.000 euro (Rp. 2.442.234.000), walikota Chamonix Eric Fournier mengatakan kepada AFP.

Dia mengatakan dia "sangat senang" bahwa urusan ini telah diselesaikan, khususnya bagi pendaki yang dia puji karena "integritasnya" dalam menyerahkan temuannya ke polisi seperti yang diwajibkan oleh hukum.

Selama bertahun-tahun, pendaki secara rutin menemukan puing-puing, bagasi, dan sisa-sisa manusia dari pesawat. *** (Sumber: AFP, Foto: Google Images)


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER