Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Internasional > Serangan Geng Motor Nigeria Tewaskan Ratusan Warga Sipil

Serangan Geng Motor Nigeria Tewaskan Ratusan Warga Sipil

Internasional | Minggu, 9 Januari 2022 | 23:32 WIB
Editor : Hauri Yan

BAGIKAN :
Serangan Geng Motor Nigeria Tewaskan Ratusan Warga Sipil

KABARINDO, ABUJA – Sedikitnya 200 orang di negara bagian Zamfara di barat laut Nigeria telah dikuburkan setelah gelombang serangan keji oleh gerombolan pria bersenjata berkendara motor selama beberapa hari.

Serangan itu diyakini sebagai tanggapan atas serangan udara militer pada hari Senin (3/1) yang memaksa beberapa geng kriminal dari persembunyian hutan mereka.

Kelompok-kelompok tersebut telah mengganggu Zamfara dan negara-negara tetangga selama beberapa tahun.

Serangan Geng Motor Nigeria Tewaskan Ratusan Warga Sipil

Dikenal secara lokal sebagai bandit, geng-geng ini adalah jaringan penjahat canggih yang beroperasi di sebagian besar wilayah, sering mencuri hingga ribuan hewan ternak, menculik untuk tebusan, dan membunuh serta memutilasi orang-orang yang melawan mereka.

Seorang juru bicara Menteri Urusan Kemanusiaan Sadiya Umar Farouq mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa lebih dari 200 orang telah dimakamkan.

Dia juga mengkonfirmasi bahwa lebih dari 10.000 orang kehilangan tempat tinggal karena rumah mereka dibakar, dan banyak orang yang masih hilang.

Respons Pemerintah

Minggu ini, pemerintah secara resmi melabeli para bandit itu sebagai teroris, memungkinkan pasukan keamanan untuk menjatuhkan sanksi lebih keras kepada kelompok dan pendukung mereka.

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari telah berjanji bahwa pemerintah tidak akan mengalah dalam pertempuran dengan "penjahat".

"Serangan terakhir terhadap orang-orang tak bersalah oleh para bandit adalah tindakan keputusasaan oleh para pembunuh massal yang sekarang di bawah tekanan tanpa henti dari pasukan militer kami," katanya dalam sebuah pernyataan pada Sabtu malam.

Angkatan bersenjata Nigeria mengatakan minggu ini bahwa mereka telah membunuh 537 "bandit bersenjata dan elemen kriminal lainnya" di wilayah tersebut dan menangkap 374 lainnya sejak Mei tahun lalu.

Ribuan tentara Nigeria telah dikerahkan untuk memerangi mereka. ***(Sumber: BBC/AFP; Foto: The Pigeon Express, BBC)


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER