Seniman Muda Berbagi Karya dan Inspirasi; di Konten Edukasi TikTok

Seniman Muda Berbagi Karya dan Inspirasi; di Konten Edukasi TikTok

Seniman Muda Berbagi Karya dan Inspirasi; di Konten Edukasi TikTok

Alicia Eva, Erika Richardo dan Stella Halim

Surabaya, Kabarindo- Sejumlah kreator membagikan pelajaran dan inspirasi mengenai karya seni di TikTok, seperti yang terlihat di beberapa konten yang mengikuti kompetisi edukasi #SamaSamaBelajar dan #MerdekaBelajar yang diadakan oleh TikTok Indonesia bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Kompetisi tersebut menghadirkan beberapa seniman muda berbakat yang saling berbagi konten inspiratif. Mereka yang mengikuti kompetisi #SamaSamaBelajar ini menambahkan informasi dan tema menarik dalam karya masing-masing.

Para seniman muda tersebut adalah Alicia Eva dan Erika Richardo yang merupakan dua dari tiga pemenang special awards yang dipilih langsung oleh Kemendikbudristek, serta Stella Halim pemenang kategori bronze kompetisi edukasi ini.

Melukis budaya Nusantara sambil belajar sejarahnya

Jika biasanya seseorang melukis di kanvas ukuran standar, beda dengan pemilik akun TikTok aliciaeva9 ini yang melukis di atas kanvas sepanjang 30 meter. Lukisan spesial ini menggambarkan budaya dan ciri khas dari 34 provinsi di Indonesia. Alicia sudah menggambarkan sejumlah provinsi, termasuk Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat dan lainnya. Selain kebolehan dalam melukis, Alicia juga membagikan cerita sejarah dari setiap budaya yang dia lukis. Banyak pengguna TikTok yang menantikan karya Alicia untuk tahu tentang provinsi lainnya. Video-video inspiratif Alicia telah disukai lebih dari 70 juta kali dan memiliki lebih dari 1.2 juta pengikut.

Melukis di ragam media

Selain menunjukkan bakatnya dalam melukis di atas kanvas, Erika juga sering berbagi inspirasi dengan memanfaatkan daur ulang sampah untuk menjadi karya seni lukis, membuat cat dari bahan tak terduga seperti bunga dan kopi, melukis di pakaian dan sepatu hingga lantai keramik kamarnya. Menciptakan karya seni memang tidak memiliki batas. Erika kerap mengeksplorasi ide gilanya, juga sering menerima tantangan melukis dari pengguna TikTok. Erika yang masih kuliah ini bahkan berhasil menciptakan bisnis dari hobi melukisnya, by Painters, dengan menjual kanvas dan panduan lukis berdasarkan nomor.

Menulis indah dengan kaligrafi

Menulis kaligrafi belakangan menjadi tren di kalangan generasi muda. Ada yang belajar sendiri atau otodidak sampai mengikuti kelas khusus. Hal ini melatarbelakangi Stella Halim untuk berbagi konten kaligrafi atau menulis indah dengan mudah melalui video singkat. Konten TikTok milik Stella bisa menjadi referensi untuk bisa menulis kaligrafi yang indah. Ia kerap membagikan hasil karyanya dalam lettering, memberikan tips menulis kaligrafi dan alat apa saja yang dapat digunakan bagi para pemula.

Konten edukatif dalam kompetisi #SamaSamaBelajar dan #MerdekaBelajar hadir dengan kreativitas dan authenticity masing-masing kreator. Kami mengapresiasi karena mereka telah memberikan ragam konten edukatif di TikTok. Kami harap, pemenang yang terpilih dapat terus memberikan semangat dan inspirasi baru kepada masyarakat untuk saling belajar serta berbagi konten positif dan menyenangkan lainnya, kata Angga Anugrah Putra, Head of Operations TikTok Indonesia.

Program #SamaSamaBelajar adalah program yang fokus untuk menghadirkan konten edukasi di platform digital pada 2020. Program ini mendapat respon positif dari masyarakat, sehingga dilanjutkan pada 2021 dan didukung oleh Kemendikbudristek untuk memberikan akses dan kesempatan yang sama kepada siapa pun untuk belajar dan berbagi inspirasi kepada masyarakat melalui konten edukasi.

Kompetisi #SamaSamaBelajar dan #MerdekaBelajar mendapatkan respon yang besar dari pengguna TikTok. Hal ini terlihat dari jumlah 1,5 miliar views dalam 10 hari. Konten edukasi dengan tagar #SamaSamaBelajar menempati top konten di TikTok dengan jumlah views lebih dari 62 miliar.

Penulis: Natalia Trijaji