Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Gaya hidup > Sehat dan Bikin Langsing, Coba Minum Kopi Tanpa Gula

Sehat dan Bikin Langsing, Coba Minum Kopi Tanpa Gula

Gaya hidup
Oleh : Sebastian Renaldi

BAGIKAN :
Sehat dan Bikin Langsing, Coba Minum Kopi Tanpa Gula

KABARINDO, JAKARTA- Penikmat kopi mempunyai seleranya sendiri, ada yang minum kopi pakai atau tanpa gula.  Memang, kopi yang manis dengan gula atau tanpa gula bisa memberi kenikmatan tersendiri bagi penikmatnya. 

Menurut beberapa sumber minum kopi dapat memberi efek sehat pada tubuh, maka perlu menimbangkan untuk tidak memberi gula, 

Alasannya dikutip dari laman Live Strong, gula pasir maupun pemanis lain seperti sirup tidak sama dengan gula alami yang terkandung pada buah dan sayuran. Gula tambahan ini bisa memicu lonjakan gula darah dengan cepat pada tubuh, namun hanya berjangka pendek.

Kondisi tersebut sangat berisiko buat orang-orang dengan diabetes maupun kondisi lain terkait gula darah. Tetapi memang, kondisi ini tidak dianggap berbahaya bagi populasi umum selain dari dua kondisi tersebut.

Menurut penelitian dalam John Hopkins Medicine, asupan gula tinggi sebenarnya bukan penyebab utama epidemi obesitas, tetapi merupakan kontributor paling tinggi dalam hal penambahan berat badan.

Bisa kamu pertimbangkan hal tersebut terutama kalau kamu juga lagi dalam program menurunkan berat badan. Terlalu banyak mengkonsumsi gula juga berisiko pada hal lain selain obesitas, yaitu risiko penyakit jantung, peningkatan kadar kolesterol, tekanan darah tinggi, juga inflamasi kronis.

Sebenarnya bukan berarti kamu tidak boleh konsumsi gula sama sekali. Tetapi secukupnya saja. Yaitu menurut American Heart Association (AHA) yakni tak lebih dari 9 sendok teh (36 gram atau 150 kkal) gula tambahan per hari untuk pria, dan maksimal 6 sendok teh (25 gram atau 100 kkal) per hari bagi perempuan.

"Jika kamu senang menambahkan gula ke kopi yang dinikmati di pagi hari, 1-2 sendok teh gula tidak akan menyebabkan masalah kesehatan. 'Secukupnya' adalah kunci," kata Ahli Gizi Tiana Glover.

Ia juga mengingatkan, hal penting lainnya adalah menjaga asupan gula sepanjang hari yang didapat dari konsumsi ragam makanan dan minuman lainnya.

"Kamu perlu menargetkan asupan gula tak lebih dari 10% asupan kalori harian yang didapat dari gula tambahan. Jumlah ini tak lebih dari 50 gram kalau kamu mengonsumsi 2.000 kkal per hari," kata Glover memberi contoh.

Sumber: beautynesia

Foto:FK UI


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER