Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Berita Utama > Resmi, PBNU Tetapkan 1 Rajab Jatuh Kamis 3 Februari

Resmi, PBNU Tetapkan 1 Rajab Jatuh Kamis 3 Februari

Berita Utama
Oleh : Orie Buchori

BAGIKAN :
Resmi, PBNU Tetapkan 1 Rajab Jatuh Kamis 3 Februari

KABARINDO, JAKARTA - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)  umumkan awal bulan Rajab 1443 H jatuh pada Hari Kamis Kliwon, bertepatan dengan 3 Februari 2022.

Pengumuman tersebut berdasarkan pada laporan hasil rukyatul hilal bil fi'li yang dilaksanakan oleh tim perukyah PBNU. "Dari 22 titik lokasi rukyatul hilal bil fi'li yang tersebar di delapan provinsi, tidak satu pun yang berhasil melihat hilal.

Rata-rata terhalang mendung dan hujan. Dengan demikian, maka umur bulan Jumadal Akhirah digenapkan (istikmal) 30 hari," kata Wakil Ketua Umum PBNU Bidang Keagamaan dan Hubungan Lembaga KH Zulfa Mustofa, dikutip dalam rilis resminya, Rabu (2/2/2022).

Zulfa mengatakan keputusan itu sesuai dengan tuntunan Rasulullah dan pendapat imam mazhab yang empat (al-madzâhib al-arba’ah). Karena, ketika hilal terhalang mendung, maka usia bulan digenapkan 30 hari.

Dengan demikian, PBNU mengajak kepada seluruh warga NU untuk mengisi bulan Rajab dengan berbagai amal kebaikan. Sebab, bulan ini adalah salah satu bulan istimewa, karena di dalamnya turun perintah salat lima waktu yang diterima langsung oleh Rasulullah dalam peristiwa Isra' Mi'raj. Kemudian bagi kaum nahdliyin,

Rajab juga menjadi istimewa karena NU juga dilahirkan pada bulan ini, tepatnya pada 16 Rajab 1344. "Keistimewaan itu semakin bertambah karena dalam kalender hijriah, tahun ini Nahdlatul Ulama memasuki usia ke-99 tahun,"ucap dia.

 


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER