Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hukum & Politik > Relawan PGN Apresiasi Program Ekonomi Hijau Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Relawan PGN Apresiasi Program Ekonomi Hijau Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Hukum & Politik | Kamis, 2 November 2023 | 13:53 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Relawan PGN Apresiasi Program Ekonomi Hijau Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

KABARINDO, JAKARTA - Menjelang Momentum penting Hari Pahlawan 10 November 2023 mendatang dan sejalan dengan Visi Hafif Assaf selaku Ketua Umum (KETUM) ProGib Nusantara (PGN) yang telah lebih dahulu mengapresiasi Program Hilirisasi Swasembada Energi, PGN juga mengapresiasi Program Ekonomi Hijau, Prabowo-Gibran. "Keputusan pasangan Prabowo-Gibran memasukkan sektor energi ke misi dan program prioritas menunjukkan bukti kesungguhan, dan perhatian mereka terhadap isu energi," Ujar Hafif Assaf selaku Ketua Umum ProGib Nusantara (PGN). 

Tidak hanya itu, "Kami tentu berharap, ketika sudah terpilih nanti, pemerintahan Prabowo-Gibran dapat segera gerak cepat mendorong kemandirian energi ini dengan salah satunya menuntaskan payung utama kebijakan transisi energi yaitu antara lain menyegerakan RUU EBT dan merevisi UU Migas sehingga cita-cita target lifting minyak mentah sebanyak 1 juta barel sebagai salah satu bagian strategi swasembada energi bisa dapat tercapai pada 2030 nanti," pungkas Hafif Assaf.

Disisi lain, Imam Pesuwaryantoro selaku Ketua DPP Bidang Humas ProGib Nusantara (PGN) menyampaikan ide dan gagasan berupa Transformasi Hilirisasi Industri Daurulang Sampah menjadi Bahan Baku Ramah Lingkungan yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Ide dan Gagasan disampaikan oleh Imam Pesuwaryantoro adalah bagaimana mendorong Hilirisasi Sampah Plastik khususnya menjadikan Sampah Botol Plastik serta Produk Kemasan Plastik Turunan lainnya melalui Skema Deposit Refund System (DRS) seperti yang sudah dilakukan di Jerman dan beberapa negara Uni Eropa lainnya. Insentif yang diberikan melalui pembiayaan ESG Program bagi Korporasi dan Pemerintah Republik Indonesia perlu diatur secara komprehensif nantinya.

Poin Utama yang diungkapkan oleh Imam Pesuwaryantoro selaku Pemuda Kota Bekasi ini adalah mendorong Law Enforcement pada UU no.18 Tahun 2008 Tentang Persampahan agar bisa direvisi oleh Parlemen DPR-RI nantinya sehingga skema insentif yang diberikan langsung kepada masyarakat seperti Pengurangan Beban Biaya Pajak serta Tidak dipungutnya biaya Retribusi Sampah bilamana tiap individu, masyarakat, dan korporasi telah melakukan Gerakan Ekonomi Hijau pada sumber atau hulu. Tidak hanya sekedar memberikan insentif bagi tiap individu, masyarakat dan korporasi yang telah melakukan Gerakan Ekonomi Hijau, melainkan perlunya penegakan hukum berupa sanksi pidana yang tercantum pada UU no.18 Tahun 2008 Tentang Persampahan kepada tiap individu, masyarakat dan korporasi yang dengan sengaja melanggar hukum seperti membuang sampah sembarangan melalui mekanisme sistem yang berlaku. 

Apa itu Gerakan Ekonomi Hijau atau biasa disebut Ekonomi Sirkular ? Prinsip ekonomi sirkular adalah take, make, use, and dispose. Dengan demikian, pelaku ekonomi menjaga agar sumber daya dapat dipakai selama mungkin, menggali nilai maksimum dari penggunaan, kemudian memulihkan dan meregenerasi produk dan bahan pada setiap akhir umur produk. 

Mendorong Hilirisasi Sampah menjadi Industri adalah bentuk komitmen penuh dimana perlu adanya peran serta dan kolaborasi stakeholder pentahelix (Akademisi, Pemerintahan, Industri Swasta, Komunitas, Media). Salah satunya dengan menerapkan EPR (Extended Producer Responsibility). Apa itu EPR (Extended Producer Responsibility) ? EPR secara umum digambarkan sebagai kebijakan pencegahan polusi yang berfokus pada sistem produk daripada fasilitas produksi.

Sebagai bentuk konkritnya, Imam mengusulkan, tiap produsen yang memproduksi sampah kemasannya wajib menarik kembali sampah yang telah dihasilkan oleh pengguna melalui skema Deposit Refund System (DRS). Konsep Deposit Refund System (DRS) ini bisa menjadi alternatif dalam rangka mempercepat pemilahan sampah sesuai jenis. Nantinya insentif yang diberikan melalui skema Deposit Refund System (DRS) akan dipilah dan terdistribusi langsung kepada industri yang akan melakukan proses produksi daurulang sampah menjadi bahan baku ramah lingkungan atau bisa dengan opsi Carbon Neutral (from bottle to bottle). Proses hilirisasi Ekonomi Hijau tidak hanya menjadikan dan mendaurulang sampah sebagai bahan baku ramah lingkungan, namun juga terdapat opsi berkolaborasi dengan UMKM pada proses produksi bahan baku menjadi produk akhir seperti Fashion Business atau Produk Bahan Bangunan Ramah Lingkungan. 

Relawan ProGib Nusantara (PGN) mendorong secara penuh komitmen Hilirisasi Pengolahan dan Pengelolaan Sampah menjadi Industri Prioritas di Indonesia demi terciptanya lapangan pekerjaan yang luas bagi 200 juta usia produktif indonesia serta mempercepat Indonesia Net Zero Emission 2060 mendatang. Foto: Ist


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER