PT KAI Daop 8; Operasikan KA Tambahan Lebaran

PT KAI Daop 8; Operasikan KA Tambahan Lebaran

PT KAI Daop 8; Operasikan KA Tambahan Lebaran

 

Untuk KA Sembrani Lebaran rute Surabaya Pasarturi - Gambir dan KA Tambahan Premium rute Surabaya Gubeng - Malang

 

Surabaya, Kabarindo- Untuk meningkatkan layanan angkutan Lebaran tahun 2018 kepada pengguna jasa KA, hususnya bagi masyarakat Surabaya dan sekitarnya, PT KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan KA tambahan Lebaran.

 

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Gatur Sutiyatmoko, mengatakan KA tambahan tersebut untuk KA Sembrani Lebaran rute Surabaya Pasarturi - Gambir sebanyak 350 seat dan KA Tambahan Premium rute Surabaya Gubeng - Malang sebanyak 650 seat.

 

”Kami mengoperasikan dua tambahan KA tersebut untuk mengantisipasi lonjakan penumpang arus balik,” ujarnya.

 

Gatut menjelaskan, KA Sembarani Lebaran relasi Surabaya Pasarturi - Gambir akan dioperasikan selama 13 Juni - 24 Juni 2018 dengan tarif pra Lebaran Rp.375.000 – Rp.485.000 dan purna Lebaran Rp.700.000. Berangkat dari stasiun Surabaya Pasar Turi pukul 20.30 tiba di stasiun Gambir pukul 06.42. Berangkat dari stasiun Gambir pukul 14.45 tiba di stasiun Surabaya Pasar Turi pukul 01.02.

 

Sedangkan KA Tambahan Premium rute Surabaya Gubeng - Malang akan dioperasikan selama 16 Juni - 20 Juni 2018 dengan tarif Rp.35.000. Berangkat dari stasiun Surabaya Gubeng pukul 06.50 tiba di stasiun Malang pukul 08.50. Berangkat dari stasiun Malang pukul 10.07 tiba di stasiun Surabaya Gubeng pukul 11.59.

 

Masyarakat dapat memesan tiket KA tambahan tersebut melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121, gerai, minimarket, jaringan PPOB, website dan mobile apps yang dikelola oleh mitra yang bekerja sama dengan KAI.

 

Pada masa angkutan Lebaran ini, PT KAI memperbesar kapasitas bandwidth dari 150 MB menjadi 400 MB untuk kelancaran akses pemesanan tiket. Juga memperkuat sistem keamanan dengan meng-upgrade sistem firewall untuk meminimalisasi risiko gangguan sistem IT serta mengoptimalkan server-server penjualan tiket KA.

 

Berikut tips untuk memperoleh tiket KA tambahan Lebaran 2018:

 

  1. Usahakan agar koneksi internet stabil selama proses pencarian tiket.
  2. Cari alternatif tanggal atau rute KA, karena KA tambahan Lebaran 2018 dirilis bersamaan. Misalnya berangkat dari Bandung atau stasiun di kota lainnya.
  3. Carilah alternatif tiket terusan. Misalnya jika ingin menuju Semarang, dapat memesan tiket dengan rute Stasiun Pasarsenen-Stasiun Tegal untuk kemudian meneruskan dengan KA rute Tegal-Semarang.
  4. Trafik akan sangat penuh pada menit-menit pertama tiket dirilis. Karena itu, pesanlah tiket pada pukul 01.00-an. Banyak orang yang berhasil memesan tiket pada menit-menit awal, namun tidak segera melakukan pembayaran maksimal satu jam setelah pemesanan sehingga tiket hangus dan kembali available.
  5. Cek berkala di situs penjualan atau contact center. Karena jika ada yang batal atau belum bayar setelah satu jam maka tiket tersebut akan muncul kembali.

Penulis: Natalia Trijaji