Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Presiden Jokowi : Menaikan Harga BBM Subsidi Keputusan Tersulit

Presiden Jokowi : Menaikan Harga BBM Subsidi Keputusan Tersulit

Berita Utama | Sabtu, 3 September 2022 | 15:43 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Presiden Jokowi :  Menaikan Harga BBM Subsidi Keputusan Tersulit

KABARINDO, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tidak mau menaikkan harga BBM dan telah berupaya sekuat tenaga untuk melindungi rakyat dari gejolak harga minyak dunia.

"Saya sebetulnya ingin harga BBM di dalam negeri tetap terjangkau dengan memberikan subsidi dari APBN. Tetapi anggaran subsidi dan kompensasi BBM tahun 2022 telah meningkat tiga kali lipat dari Rp152,5 triliun menjadi Rp502,4 triliun dan itu akan meningkat terus," ujar Jokowi dalam jumpa pers di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (3/9/2022).

Jokowi menyebut menaikkan harga BBM merupakan keputusan tersulit untuk diambil Keputusan itu adalah jalan terakhir bagi pemerintah.

"Saat ini pemerintah harus membuat keputusan dalam situasi yang sulit. Ini adalah pilihan terakhir pemerintah yaitu mengalihkan subsidi BBM sehingga harga beberapa jenis BBM yang selama ini mendapatkan subsidi akan mengalami penyesuaian," kata Jokowi.

Di kesempatan yang sama, Menteri ESDM Arifin Tasrif mengungkapkan bahwa mulai siang hari ini harga BBM mulai mengalami kenaikan.

"Hari ini tanggal 3 September 2022, pukul 13.30 WIB pemerintah memutuskan untuk menyesuaikan harga BBM subsidi," kata Arifin.

Pertalite dari Rp 7.650/ltr menjadi Rp 10.000 ribu/ltr kemudian, solar subsidi dari Rp 5.150/ltr mejadi Rp 6.800/ltr. pertamax non subsidi dari Rp 12.500/ltr menjadi Rp 14.500/ltr

"Ini berlaku 1 jam sejak saat diumumkannya penyesuain harga dan akan berlaku pada 14.30 WIB," ungkap Arifin. Foto : Biro Pers Setpres


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER