Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Hukum & Politik > Perubahan Warna Pelat Nomor Bakal Meningkatkan Efektivitas ETLE

Perubahan Warna Pelat Nomor Bakal Meningkatkan Efektivitas ETLE

Hukum & Politik
Oleh : amritawa

BAGIKAN :
Perubahan Warna Pelat Nomor Bakal Meningkatkan Efektivitas ETLE

KABARINDO, JAKARTA - Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan, menyebut perubahan warna pelat nomor kendaraan bermotor dilakukan untuk meningkatkan efektivitas tilang elektronik atau ETLE.

Sebagai informasi, warna pelat nomor kendaraan bermotor yang sebelumnya berlatar belakang hitam dengan tulisan putih akan berubah jadi berlatar belakang putih dengan tulisan hitam.

Menurut Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan, perubahan warna di atas membuat pelat nomorlebih gampang terbaca oleh kamera sehingga lebih efektif dalam penerapan ELTE.

"Perubahan ini untuk mendukung efektivitas ETLE. Alasannya, pelat dengan warna dasar putih dan tulisan hitam lebih gampang terbaca oleh kamera,” katanya.

Perubahan warna pelat nomor kendaraan bermotor ini menurut rencana bakal dilakukan secara bertahap mulai 2022.

Sementara terkait perluasan kebijakan ETLE, Polri telah memasang 12.004 CCTV di 253 titik yang jadi tanggung jawab 12 Polda untuk menindak.

Sepanjang 2021, sebanyak 136.408 pelanggaran tercatat dalam sistem ETLE di mana 49,36 persen atau 78.616 di antaranya telah melakukan pembayaran denda tilang total sebesar Rp42,82 miliar.

Perubahan Warna Pelat Nomor Bakal Meningkatkan Efektivitas ETLE

Sementara itu, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi III DPR pada Senin (24/1/2022) menegaskan ETLE akan mengurangi interaksi petugas dengan masyarakat.

Selain meminimalisasi potensi penyimpangan anggota di lapangan, interaksi yang berkurang juga dapat mengurangi risiko penularan Covid-19.

Tidak hanya itu, tilang elektronik juga diharapkan bisa membentuk budaya dan kesadaran patuh berlalu lintas yang lebih  disiplin dari masyarakat tanpa ada yang mengawasi.

Sumber Berita: Antara
Foto: Antara


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER