Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Internasional > Pengadilan Pencurian Jutaan Euro di Museum Dresden akan Dimulai Januari 2022

Pengadilan Pencurian Jutaan Euro di Museum Dresden akan Dimulai Januari 2022

Internasional | Kamis, 30 Desember 2021 | 23:09 WIB
Oleh : Hauri Yan

BAGIKAN :
Pengadilan Pencurian Jutaan Euro di Museum Dresden akan Dimulai Januari 2022

KABARINDO, DRESDEN – Enam orang akan diadili tahun depan atas pencurian jutaan euro spektakuler yang terjadi di Museum Green Vault, Dresden, Jerman.

Pria-pria yang semuanya berkewarganegaraan Jerman dan berusia antara 22 dan 28 tahun itu dituduh mencuri koleksi perhiasan abad ke-18 dari museum ternama itu pada tahun 2019.

Persidangan akan dibuka pada 28 Januari 2022, dan mereka didakwa dengan perampokan dan pembakaran terorganisir.

Pengadilan akan mendengarkan bagaimana, untuk menutupi pembobolan mereka, tersangka pencuri menyalakan api yang memutus pasokan listrik untuk lampu jalan di luar museum di kota Jerman timur.

Orang-orang itu kemudian menggergaji jeruji besi untuk masuk ke ruang eksibisi. CCTV menunjukkan dua pencuri memasuki museum dengan obor untuk mencari barang berharga untuk dirampas.

Geng itu juga dituduh menyulut api ke sebuah kendaraan di garasi terdekat sebelum melarikan diri ke Berlin.

The Green Vault adalah salah satu museum tertua di dunia. Didirikan pada tahun 1723 dan berisi perbendaharaan August the Strong of Saxony, yang terdiri dari sekitar 4.000 benda emas, batu mulia, dan bahan lainnya.

Pengadilan Pencurian Jutaan Euro di Museum Dresden akan Dimulai Januari 2022

Koleksi yang Dicuri

Total 21 perhiasan bertahtakan lebih dari 4.300 berlian dicuri semua pada pencurian tanggal 25 November 2019 itu.

Barang-barang yang diambil termasuk perhiasan berlian, safir, rubi dan zamrud, kancing dan kancing manset bertatahkan permata, serta pedang dengan hampir 800 berlian dipasang di gagang dan gagangnya.

Benda-benda catatan sejarah tertentu yang diambil antara lain satu set perhiasan milik seorang ratu Saxony, dan sebuah medali bertatahkan berlian milik Augustus the Strong, mantan Raja Polandia.

Di antara bagian paling berharga yang dicuri dalam perampokan itu adalah Berlian Putih Dresden 49 karat yang terkenal, yang aslinya diambil dari India.

"Tidak ada di koleksi lain mana pun di Eropa, permata atau set permata yang telah dilestarikan dalam bentuk dan kualitas dan kuantitas seperti set kerajaan ini," kata Dirk Syndram, direktur Green Vault setelah pencurian.

Ketika museum dibuka kembali pada Mei 2020, kotak pajangan yang menyimpan barang curian dibiarkan kosong.

Perkiraan nilai jarahan yang dicuri bervariasi dengan AP melaporkan barang yang dicuri bernilai €113,8 juta, namun outlet berita Jerman DW mengklaim jumlahnya lebih dari €1 miliar.

Harta karun yang hilang sejauh ini belum ditemukan dan para ahli khawatir mereka mungkin telah rusak untuk dijual. ***(Sumber: Euronews, DW, AP; Foto: Artnet, DW)


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER