Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > McD Library Bantu Tingkatkan Literasi Anak Indonesia, Rumah Baca Zhaffa Direnovasi

McD Library Bantu Tingkatkan Literasi Anak Indonesia, Rumah Baca Zhaffa Direnovasi

Gaya hidup | Kamis, 29 Desember 2022 | 22:38 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
McD Library Bantu Tingkatkan Literasi Anak Indonesia, Rumah Baca Zhaffa Direnovasi

McD Library Bantu Tingkatkan Literasi Anak Indonesia, Rumah Baca Zhaffa Direnovasi

Surabaya, Kabarindo- McDonald’s Indonesia merenovasi Rumah Baca Zhaffa di Tebet, Manggarai, dan berada di bawah naungan Forum Taman Baca Masyarakat (Forum TBM).

Sutji Lantyka, Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia, mengatakan McD Library merupakan wujud nyata komitmen McDonald’s terhadap program literasi anak. Taman Baca merupakan salah satu sarana edukatif untuk menumbuhkan minat baca anak. Apalagi jika memiliki infrastruktur yang memadai dan fasilitas yang lengkap akan menarik kehadiran anak-anak untuk berkunjung dan membaca lebih banyak buku.

“Karena itu, McD Indonesia memberikan dukungan melalui sarana yang memadai agar anak-anak dapat mengakses banyak buku dengan rasa senang dan nyaman, ujarnya pada Kamis (29/12/2022).

Rumah Baca Zhaffa aktif beroperasi sejak 2008 dan memiliki 50 anggota aktif. Namun setelah 14 tahun, buku-buku perlu diperbarui sesuai perkembangan zaman dan bangunan perlu direnovasi. Karena itu, McDonald’s memilih Rumah Baca Zhaffa sebagai proyek pilot untuk melakukan perbaikan secara menyeluruh. Setelah direnovasi, taman baca ini diubah namanya menjadi Rumah Baca Zhaffa supported by McDonald’s.

Yudi Hartanto, Ketua Forum TBM (Taman Bacaan Masyarakat) DKI Jakarta sekaligus pendiri Rumah Baca Zhaffa, mengatakan bangunan Rumah Baca Zhaffa membutuhkan banyak perbaikan guna meningkatkan kenyamanan belajar anak-anak. Perbaikan meliputi rak-rak buku, kerusakan genteng, dinding yang mengelupas, penambahan saluran pompa air dan koleksi buku perlu ditambah.

“Kami menyambut baik langkah positif dan kerja sama yang diajukan McDonald’s dalam merenovasi taman baca ini. Melihat semangat anak-anak untuk datang dan membaca begitu besar, memotivasi saya untuk dapat terus mengelola dan membuat taman baca ini menjadi lebih baik lagi,” ujarnya.

Renovasi McD Library dilakukan sejak September 2022 dengan memperbaiki dan memperluas sebagian besar area bangunan, mengecat interior dan eksterior dengan dominasi warna yang mencirikan nuansa McDonald’s, serta melukis area dinding samping eksterior bangunan (mural) dengan gambar anak-anak dan buku untuk melambangkan taman baca. Pengerjaan mural melibatkan anak-anak di sekitar TBM. McDonald’s juga memfasilitasi buku bacaan anak yang lebih variatif, menambah alat peraga atau edukasi serta memperbaiki furnitur yang masih layak pakai.

“Selain memperhatikan kelengkapan infrastruktur dan kenyamanan area Taman Baca, membuat berbagai kegiatan dan program rutin penting dilakukan untuk meningkatkan aktivitas literasi di dalam TBM. Setidaknya diadakan satu hingga dua kegiatan rutin setiap minggu dan sesekali dapat melibatkan orang tua untuk mengetahui kemajuan anak-anak mereka,” kata Wahyu Haryadi, Kepala Dinas Perpustakaan DKI Jakarta.

McD Library juga memiliki rencana program edukatif berkelanjutan untuk taman baca ini yaitu McDonald’s Day yang dilaksanakan setiap Sabtu pada minggu ketiga setiap bulan. Program ini akan menghadirkan kegiatan untuk meningkatkan minat baca anak, salah satunya hari membaca bersama dengan mendapatkan hadiah produk dari McDonald’s. Akan ada juga kunjungan rutin relawan karyawan McDonald’s untuk bekerja secara suka rela mengajar anak-anak di taman baca.

“Kami berharap McD Library dapat difungsikan sebagai wadah edukatif baru yang menyenangkan untuk belajar dan bertukar informasi di luar kegiatan formal sekolah. Kami berharap dapat membangun lebih banyak McD Library untuk memberikan akses membaca kepada lebih banyak anak dan menjangkau daerah yang lebih luas di Indonesia, sehingga McDonald’s dapat terus mewujudkan misi inspirasi literasi McD,ujar Sutji.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER