Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Logitech Berikan Tips Tetap Produktif; Bekerja atau Belajar dari Rumah

Logitech Berikan Tips Tetap Produktif; Bekerja atau Belajar dari Rumah

Gaya hidup | Sabtu, 4 April 2020 | 18:25 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Logitech Berikan Tips Tetap Produktif; Bekerja atau Belajar dari Rumah

Logitech Berikan Tips Tetap Produktif; Bekerja atau Belajar dari Rumah

Perlu konsistensi dan komitmen untuk tetap produktif

Surabaya, Kabarindo- Bekerja dan belajar dari rumah (work from home, school from home) menjadi tren global saat ini.

Pemerintah Indonesia sudah mengeluarkan imbauan untuk meniadakan pertemuan face to face dan beraktivitas di rumah, termasuk bekerja, belajar bahkan beribadah. Logitech membagikan tips untuk tetap produktif meskipun bekerja atau belajar dari rumah.

Tips pertama, lakukan persiapan untuk bekerja atau belajar dari rumah. Persiapan dimulai dari mempersiapkan peralatan seperti laptop atau PC, mouse, keyboard, headset serta webcam. Logitech menyediakan berbagai peripherals dengan teknologi Swiss yang dapat membuat kegiatan bekerja maupun belajar tetap produktif.

Siapkan juga video conferencing software seperti ZOOM, Google Hangouts dan sebagainya. Pastikan software bekerja dengan baik. Pencahayaan adalah kunci terciptanya gambar video conference yang baik. Merupakan keunggulan jika anda memiliki 2nd monitor untuk video conference. Manfaat 2nd monitor adalah ketika melakukan share screen pada saat video conference, anda tetap dapat melihat layar para peserta di screen kedua.

Selanjutnya, siapkan tempat yang khusus untuk bekerja atau belajar dari rumah. Misalnya di ruang kerja, ruang tamu atau ruang makan keluarga. Siapkan tempat alternatif, seandainya tempat tersebut sedang dipakai. Berikutnya, bagi anda yang bekerja dari rumah, tetap harus menetapkan waktu kerja yang sesuai dengan waktu kantor dan istirahat. Yang terpenting, beri tahu kepada lingkungan sekitar, jika anda berencana bekerja atau belajar dari rumah dan mengharapkan mereka untuk memperlakukan anda seperti bekerja di kantor ataupun belajar di sekolah / kampus.

Setelah persiapan selesai, mulailah siapkan diri untuk bekerja atau belajar dari rumah. Anda dapat bangun lebih siang, manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk cukup beristirahat. Anda juga harus membuat pola yang konsisten, mulai bangun hingga bekerja. Tetaplah konsisten dengan waktu yang sudah anda tetapkan. Anda juga dapat memanfaatkan Google Suites (document, sheet ataupun slides) sebagai perangkat kolaborasi bersama rekan kerja atau teman kuliah.

Selama periode bekerja atau belajar dari rumah, anda harus lebih proaktif dalam berkomunikasi. Menghubungi seseorang beberapa kali dalam sehari adalah hal yang wajar. Anda juga harus mengantisipasi jumlah komunikasi via WhatsApp, telepon atau SMS maupun video conferencing software. Alihkan semua pertemuan face to face ke virtual meeting.

Setelah semua tips dijalankan, berikan reward pada diri anda dan orang terkasih dengan makan malam bersama keluarga. Mungkin kegiatan ini jarang anda lakukan pada hari-hari normal karena kesibukan anda. Dengan bekerja atau belajar dari rumah, anda dapat memberikan perhatian lebih terhadap keluarga.

Dengan mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap di rumah, kita pasti bisa melewati situasi global ini bersama-sama. Yang diperlukan adalah konsistensi serta komitmen untuk tetap produktif meskipun bekerja atau belajar dari rumah. Jaga kesehatan dan sebarkan semangat positif kepada siapa saja.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER