Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hukum & Politik > Lembaga Survei ICRC: Pasangan Ganjar-Mahfud Tempel Ketat Prabowo-Gibran

Lembaga Survei ICRC: Pasangan Ganjar-Mahfud Tempel Ketat Prabowo-Gibran

Hukum & Politik | Minggu, 31 Desember 2023 | 20:18 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Lembaga Survei ICRC: Pasangan Ganjar-Mahfud Tempel Ketat Prabowo-Gibran

KABARINDO, JAKARTA - Lembaga survei Ide Cipta Research and Consulting (ICRC) mengeluarkan hasil survei terbaru periode Desember 2023 terkait kontestasi Pilpres 2024. Dalam survei ini, pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo - Mahfud MD terus menempel ketat pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Dalam hasil survei itu, Prabowo-Gibran masih memiliki elektabilitas tertinggi dengan angka sebesar 39,4 persen. Pasangan Ganjar-Mahfud berada diurutan kedua dengan angka 39,1 persen dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 25,6 persen.

“Prabowo masih unggul jika dibandingkan temuan kita sebelumnya di bulan November,” kata Direktur Eksekutif ICRC Hadi Suprapto Rusli, Minggu (31/12/2023).

Meski Ganjar masih berada pada urutan kedua, Ganjar dan Mahfud harus memperbesar raihan suaranya di wilayah Jawa Barat. Sejalan dengan itu juga Ganjar juga harus bisa mempertahankan dan memperbesar angka elektabiltias di Jawa Tengah yang didapat sebesar 55,9 persen.

“Jika nanti Ganjar mampu melaksanakan segala potensinya di Jawa Barat saya kira akan memberikan dampak untuk masuk ke putaran kedua,” ungkapnya.

Hadi juga mengungkap bahwa sejauh ini potensi Pilpres 2024 akan berlangsung dua putaran. “Jika dilihat dari data survei ICRC terbaru ini, maka Pilpres 2024 masih diprediksikan akan terjadi 2 putaran,” tutupnya.

Sebagai informasi, populasi survei ini adalah warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih berdasarkan peraturan yang berlaku, yaitu warga yang minimal berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah pada saat survei dilakukan.

Jumlah sampel pada survei ini sebanyak 1.230 orang, dengan margin of error sebesar ±2.79%, pada tingkat kepercayaan 95%.

Metode penarikan sampel yang digunakan adalah Stratified Random Sampling. Waktu pengumpulan data pada tanggal 20-26 Desember 2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara via telepon oleh pewawancara terlatih.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER