Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Komitmen 'Investasi' bagi Gen Z Saat Masuki Usia Dewasa

Komitmen 'Investasi' bagi Gen Z Saat Masuki Usia Dewasa

Gaya hidup | Selasa, 19 Juli 2022 | 23:02 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Komitmen 'Investasi' bagi Gen Z Saat Masuki Usia Dewasa

Komitmen ‘Investasi’ bagi Gen Z Saat Masuki Usia Dewasa

Komitmen investasi pada hubungan sosial, aset dan kesehatan

Surabaya, Kabarindo- Meninggalkan usia 18 merupakan momen yang spesial bagi generasi Z (Gen Z). Mereka bersiap untuk memasuki masa dewasa dan jenjang pendidikan lebih tinggi.

Sebagian Gen Z mungkin sudah mempersiapkan diri bagaimana cara mengelola keuangan dan mempelajari investasi, namun masih banyak yang belum paham mempersiapkannya. Sayangnya tak ada buku panduan persiapan menuju dewasa dan tidak diajarkan secara formal di bangku sekolah.

Chief of Human Resources & Marketing Officer PT FWD Insurance Indonesia, Rudy Franto Manik, mengatakan belajar berkomitmen adalah dasar kehidupan yang penting untuk disadari oleh Gen Z agar mereka bisa menjadi pribadi dewasa yang penuh tanggung jawab dan sehat secara mental bahkan finansial. Salah satunya dengan merencanakan keuangan yang optimal, sehingga dapat merencanakan masa depan dan mewujudkan kesejahteraan finansial pada masa muda.

“Pentingnya meningkatkan literasi keuangan melalui pemahaman terhadap produk dan layanan keuangan akan mendukung generasi muda untuk mengatur prioritas hidup dengan lebih bijak,” ujarnya pada Selasa (19/7/2022).

Gen Z bisa memulai dengan 3 komitmen investasi berikut ini:

Komitmen investasi pada hubungan sosial

Investasi tidak melulu berhubungan dengan uang atau saham. Memiliki hubungan yang positif dan membangun dengan lingkungan sosial juga faktor penting dalam proses adulting. Mengumpulkan dan menyeleksi lingkaran pertemanan yang sehat serta membawa pengaruh positif di dalam hidup kita adalah langkah awalnya. Sedangkan proses investasinya adalah dengan memupuk hubungan tersebut melalui kegiatan bersosialisasi seperti kumpul makan di luar, berlibur bareng, saling memberi perhatian dan selalu berpegang pada filosofi: apa yang kamu tabur, itu yang kamu tuai.

Komitmen investasi pada aset

Di tengah pesatnya kemajuan teknologi, banyak sekali pilihan berinvestasi yang mudah diakses melalui smartphone. Memiliki smartphone, berarti penggunanya harus smart dalam memilih dan menentukan investasi yang baik dan menguntungkan untuk masa depan. Di samping aset cair, yaitu uang tabungan di bank, ada beragam jenis investasi untuk gen Z yang bisa diakses secara digital, seperti menanam saham di reksadana atau obligasi negara ORI, membeli properti seperti rumah atau apartemen, atau mungkin mata uang kripto.

Komitmen investasi pada kesehatan

Bersama orang-orang yang tepat, kita bisa saling dukung dan menopang. Selain keluarga di rumah, sebaiknya ada satu atau dua sahabat yang bisa dijadikan kontak darurat di ponsel kita, yang bisa dihubungi jika sewaktu-waktu kita mengalami hal yang tidak mengenakkan atau berbahaya.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER