Khasiat Buah-buahan Eksotik untuk Tubuh; Ada yang Kurang Populer Ternyata Kaya Vitamin

Khasiat Buah-buahan Eksotik untuk Tubuh; Ada yang Kurang Populer Ternyata Kaya Vitamin

Khasiat Buah-buahan Eksotik untuk Tubuh; Ada yang Kurang Populer Ternyata Kaya Vitamin

Terong Belanda, delima, sawo dan durian

Surabaya, Kabarindo- Para ahli gizi telah mengungkap manfaat buah-buahan yang sangat besar bagi tubuh kita. Selain untuk memelihara kesehatan, kandungan nutrisi pada buah-buahan juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit, bahkan dapat membantu proses penyembuhan penyakit.

Mengonsumsi buah-buahan setiap hari dianggap sebagai cara diet yang baik. Biasanya, buah-buahan yang populer dan sering dimakan untuk menunjang gaya hidup sehat sehari-hari ini mudah ditemukan, seperti pisang, alpukat, jeruk dan apel. Padahal ada buah-buahan lain yang memiliki nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, namun kurang populer dan dipandang sebelah mata. Nutrition Expert YOUVIT, Rachel Olsen, memaparkan buah apa saja tersebut.

Terong Belanda

Terong Belanda berasal dari kawasan Amazon di benua Amerika yang kemudian dibawa dan diperkenalkan oleh Belanda ke Indonesia. Terong Belanda tidak seperti terong ungu yang memiliki bentuk lonjong dan panjang, melainkan berbentuk oval menyerupai telur dan berwarna merah marun.

Terong Belanda biasa dinikmati dalam bentuk jus buah atau sop buah. Selain memiliki karakteristik rasa yang menyegarkan, ternyata terong ini kaya nutrisi. Kandungan vitamin B kompleks yang kaya di dalam buah terong Belanda dipercaya dapat memperbaiki metabolisme tubuh. Buah ini juga mengandung potasium yang membantu tubuh untuk menjaga tekanan darah dan denyut jantung tetap normal. Itu sebabnya, Terong Belanda sangat baik bagi penderita hipertensi.

Delima

Buah ini memiliki tampilan unik berkulit kasar dengan warna permukaan merah mengkilap dan puncaknya menyerupai mahkota. Siapa sangka, di balik rasanya yang asam manis dan segar ini, delima menyimpan banyak kandungan fitonutrien dan fitokimia yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan, mengobati penyakit dan memelihara kebugaran tubuh. Penelitian di Universitas Mahidol, Thailand, melaporkan bahwa jus delima adalah jus terbaik, karena kaya akan kandungan antioksidan. Delima juga mengandung antikolesterol, antikanker dan antitoksik.

Sawo

Buah sawo tidak sepopuler buah-buahan lainnya. Padahal buah yang memiliki rasa manis ini berkhasiat tinggi bagi kesehatan tubuh. Memiliki kandungan serat yang tinggi, sawo berkhasiat sebagai obat diare dan sangat baik bagi pencernaan. Buah ini juga kaya vitamin A yang baik bagi kesehatan mata.

Durian

Durian disebut-sebut sebagai rajanya buah dan sangat digemari di Indonesia. Banyak yang salah kaprah terhadap kandungan di dalamnya. Banyak orang yang takut mengonsumsi durian, karena mengira buah berduri ini mengandung kolesterol tinggi. Kandungan gizi dalam 100 gram daging durian adalah energi sebesar 147 kalori, lemak 5,33 gram, protein 1,47 gram, karbohidrat 27 gram dan kolesterol 0 miligram.

Durian memiliki banyak manfaat gizi, seperti lemak sehat, serat, protein dan kaya vitamin dan mineral seperti vitamin C, A-kompleks, zinc, kalsium, kalium dan zat besi. Meski begitu, durian memang relatif tinggi lemak sehat. Apa pun yang memiliki lemak akan memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi.

“Tiga buah durian memiliki kandungan 160 kalori, sehingga makan terlalu banyak dapat meningkatkan berat badan,” kata Rachel.

Jadi para pecinta durian bisa menikmati buah ini dengan nyaman. Tapi jangan terlalu banyak mengonsumsinya ya. Tetap perhatikan kesehatan.

Penulis: Natalia Trijaji