Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Internasional > Kepulauan Selvagens Resmi Jadi Kawasan Laut Lindung Eropa dan Atlantik Utara

Kepulauan Selvagens Resmi Jadi Kawasan Laut Lindung Eropa dan Atlantik Utara

Internasional | Senin, 6 Desember 2021 | 01:08 WIB
Oleh : Hauri Yan

BAGIKAN :
Kepulauan Selvagens Resmi Jadi Kawasan Laut Lindung Eropa dan Atlantik Utara

KABARINDO, Madeira - Cagar Alam Kepulauan Selvagens, terbentuk 50 tahun yang lalu di kepulauan Madeira Portugal, adalah rumah bagi ekosistem yang unik. Kerangka hukum yang baru diadopsi menjadikannya kawasan laut lindung terbesar di Eropa dan Atlantik Utara.

"Rezim perlindungan total ini sangat penting," kata Emanuel Gonçalves, koordinator ilmiah Blue Ocean Foundation, "karena memungkinkan respons ekologis sambil mendukung aktivitas ekonomi terkait." 

Gonçalves menyatakan sebelumnya mereka mengalami kesulitan besar dalam menetapkan kawasan perlindungan total karena Eropa menunda-nunda penghitungannya.

Kawasan Selvagens yang seluas 2677 km² sesungguhnya tidak terlalu besar di lautan, namun demikian area ini adalah kawasan laut lindung yang terbesar di Eropa.

Tujuan dari penetapan kawasan lindung laut adalah untuk memungkinkan ekosistem di sana pulih dan memperbarui dirinya sendiri.

Penetapan ini memang mengurangi area perairan penangkapan ikan dalam jangka pendek, namun para peneliti berpendapat bahwa dalam jangka panjang, semua orang menang, karena nilai ikan meningkat dengan menarik pariwisata ilmiah dan informasi.

Strategi Keanekaragaman Hayati Eropa menetapkan bahwa pada akhir dekade, Uni Eropa harus memiliki 30% lautnya diklasifikasikan sebagai kawasan lindung. Namun pada tahun 2020 hanya 10% wilayah pesisir dan laut yang telah memperoleh perlindungan ini.

Disetujui oleh Pemerintah Daerah Madeira dengan dukungan teknis dan ilmiah dari Blue Ocean Foundation, National Geographic Society dan Waitt Institute, kerangka hukum baru ini merupakan satu langkah menuju pencapaian tujuan Uni Eropa. *** (Sumber: Euronews, Foto: Madeira Best)


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER