Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Jenius Punya Fitur Investasi, Lengkapi Solusi Life Finance

Jenius Punya Fitur Investasi, Lengkapi Solusi Life Finance

Ekonomi & Bisnis | Senin, 7 Februari 2022 | 14:05 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Jenius Punya Fitur Investasi, Lengkapi Solusi Life Finance

Jenius Punya Fitur Investasi, Lengkapi Solusi Life Finance

Berinvestasi reksa dana dengan mudah dan simpel

Surabaya, Kabarindo- Jenius dari PT Bank BTPN Tbk. memiliki fitur baru, Investasi. Kini pengguna Jenius dapat mulai berinvestasi reksa dana dengan mudah dan simpel langsung dari aplikasi Jenius.

Waasi B. Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN, mengatakan sebagai solusi life finance bagi masyarakat digital savvy, Jenius ingin membantu mereka mengelola kehidupan dan keuangan dengan lebih simpel, cerdas dan aman. Karena itu, Jenius meluncurkan fitur Investasi untuk menjawab kebutuhan mereka yang ingin berinvestasi dengan simpel langsung dari aplikasi Jenius.

“Fitur ini melengkapi sederet fitur revolusioner di aplikasi Jenius yang membantu digital savvy untuk bertransaksi, mengatur cash flow dan menabung dengan mudah dan simpel,” ujarnya.

Berdasarkan Jenius Study: “Adaptasi Gaya Hidup Digital Savvy Selama Pandemi 2021” yang melibatkan 527 responden masyarakat digital savvy usia 26-40 tahun pada Maret 2021, ditemukan bahwa 5 topik yang paling dicari selama pandemi adalah Covid-19 (33%), investasi (28%), streaming hiburan (10%), bisnis (8%) dan financial planning (7%).

Masih dalam studi tersebut, masyarakat digital savvy juga mengalokasikan ulang dana yang telah disiapkan untuk rencana yang tertunda akibat pandemi untuk menabung (38%), investasi (24%), kebutuhan sehari-hari (14%), deposito (9%) dan kesehatan (3%).

Melihat kebutuhan masyarakat digital savvy atas kemudahan untuk memulai berinvestasi tersebut, Jenius menghadirkan fitur Investasi. Fitur ini memudahkan pengguna dalam mengakses produk reksa dana dari beragam manajer investasi terpilih. Jenius juga menyediakan rekomendasi alokasi investasi berdasarkan profil risiko pengguna yang dapat menjadi pertimbangan sebelum membeli reksa dana sehingga investasi lebih optimal. Pengguna juga bisa lebih mudah melakukan transaksi, karena hanya perlu memindahkan dana dari Saldo Aktif tanpa perlu berpindah aplikasi.

Fitur Investasi juga menyediakan komposisi kategori produk investasi sebagai referensi pengguna. Komposisi portofolio ini disiapkan sesuai dengan profil risiko masing-masing pengguna, agar investasi bisa tumbuh optimal. Saat ini tersedia 17 produk investasi reksa dana dari tiga manajer investasi, yaitu Ashmore, Mandiri dan Schroders, serta 4 kategori produk, yaitu pasar uang, obligasi jangka pendek, obligasi jangka panjang dan ekuitas.

Fitur Investasi menghadirkan cara simpel bagi pengguna mulai dari membuka akun reksa dana, memilih produk, bertransaksi hingga memantau portofolio langsung dari aplikasi. Pengguna dapat memulai berinvestasi dengan mengakses fitur Investasi melalui menu Wealth di aplikasi Jenius, lalu mengikuti kuis profil risiko untuk mengetahui produk investasi yang cocok berdasarkan tingkat toleransi terhadap risiko investasi. Ada 6 pertanyaan terkait pengalaman, rencana dan tujuan berinvestasi. Setelah mengisi kuis profil risiko, Jenius akan menginformasikan profil risiko pengguna yaitu konservatif, konservatif moderat, moderat, agresif moderat dan agresif.

Selanjutnya, untuk membuka akun reksa dana, pengguna hanya perlu mengisi pertanyaan mengenai pendidikan terakhir serta menyetujui syarat dan ketentuan. Proses pembukaan akun ada tiga tahap, yaitu pengajuan, verifikasi data dan persetujuan pengajuan. Proses verifikasi membutuhkan waktu maksimal dua hari bursa. Setelah itu, Jenius akan mengirim pemberitahuan informasi status akun reksa dana berhasil terverifikasi.

Lalu pengguna dapat memilih produk reksa dana. Caranya membuat portofolio dengan memberikan nama portofolio sesuai tujuan keuangan yang ingin diwujudkan. Ada 2 cara untuk mencari produk reksa dana, yaitu berdasarkan manajer investasi dan kategori produk. Selanjutnya pengguna dapat bertransaksi. Proses membeli reksa dana di aplikasi langsung mengambil dana dari Saldo Aktif tanpa perlu transfer uang atau top up e-Wallet. Untuk proses penjualan, pengguna hanya perlu memilih reksa dana yang ingin dijual lalu masuk ke tahap verifikasi, dan penjualan pun sukses diproses. Masing-masing manajer investasi menawarkan kemudahan dalam hal minimal pembelian. Pengguna dapat melakukan investasi reksa dana tanpa modal besar, mulai dari Rp.10.000.

Pengguna juga dapat memantau produk Investasi dengan mengakses halaman Wealth di aplikasi untuk melihat informasi terkait performa portofolio, seperti Total Investment yaitu total investasi yang dimiliki, serta Total Return Investasi yaitu informasi return dalam Rupiah beserta nilai persentasenya.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER